Home » BERITA » Wujudkan Peduli Penghijauan, Polres Pidie Tanam 3000 Bibit Pohon

Wujudkan Peduli Penghijauan, Polres Pidie Tanam 3000 Bibit Pohon

Tribratanewspolrespidie.com |

Polres Pidie dan jajarannya melakukan penanaman bibit pohon aneka jenis berjumlah ribuan batang, kegiatan penghijauan ini berlangsung secara serentak di seluruh Aceh. Tanam pohon tersebut dilakukan di Gedung Pidie Convention Center (PCC) di Gampong Lampeudeu Baroh, Kecamatan Pidie, Selasa (14/1/2020).

Di gedung PCC ditanam beragam jenis tumbuhan yang jumlahnya 540 batang. Turut hadir pada kegiatan itu, Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud ST, Ketua DPRK Pidie, Mahfuddin Ismail, Kapolres Pidie, AKBP Andy NS Siregar SIK, Waka Polres Pidie KOMPOl Iskandar, A, SE,AK. Kajari Pidie, Efendi, Kandim 0102 Pidie, Mayor Arm Musani, PJU Polres Pidie dan sejumlah SKPK Pidie serta seluruh Personil Polres Pidie.

Kapolres Pidie AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar S.I.K mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Polri untuk mencegah bencana khususnya di Wilayah Kab. Pidie sekaligus merespons instruksi Kapolri.

Dari pohon trembesi, melinjau, mangga, coklat, bambu kuning, kurma, ketapang, bambu putih, jambu, mahoni dan jenis lainnya.

“Kita mulai tanam dari halaman Gedung PCC, yang kemudian dilanjutkan di sekolah,” Polres akan menanam pohon di SMA Tangse yang pekarangannya masih kosong.

“Informasi di pekarangan SMA Tangse masih gersang, sehingga perlu penghijauan. Kita mengajak warga untuk menghijaukan pekarangan rumah,” ujarnya.

“Terciptanya kerja sama yang baik antara Kepolisian, Pemerintah daerah khususnya Kab. Pidie dengan melibatkan warga masyarakat dimungkinkan akan berdampak positif karena dengan program tersebut membuat sinergitas aparat Pemerintah dan warga masyarakat terjalin dengan baik,” sambung Kapolres Pidie.

Melalui program penanaman pohon ini, pihaknya menyiapkan 3000 lebih bibit dengan menggandeng Pemda serta masyarakat.“Jadi, satu pohon dapat memberikan seribu manfaat. Kita berharap penanaman pohon pelindung dan produktif ini mampu memberikan dampak ekonomi di masa yang akan datang, serta sebagai pohon pelindung dapat bermanfaat mengurangi polusi udara, dan yang terpenting dapat mengurangi dampak terjadinya bencana seperti longsor, banjir dan lainnya,”

“Kita berharap setelah penanaman ini jangan hanya ditanam terus ditinggal, kita masih punya tanggungjawab merawat agar pohon ini dapat tumbuh dan bermanfaat,” Imbuh Kapolres Pidie AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar S.I.K. (IN).