Home » BERITA » Waka Polres Pidie Hadiri Penyaluran Zakat dan Infaq Tahap II Untuk Mustahiq di Pijay

Waka Polres Pidie Hadiri Penyaluran Zakat dan Infaq Tahap II Untuk Mustahiq di Pijay

ewok

Waka Polres Pidie Kompol Tirta Nur Alam, SE menyerahkan Zakat dan Infaq Tahap II untuk Mustahiq di Kabupaten Pidie Jaya, Kamis (29/12/2016) sekira pukul 09.00 Wib.

Tribratanewspolrespidie ; Kegiatan Penyaluran Zakat dan Infaq Tahap II untuk Mustahiq dalam Kabupaten Pidie Jaya berlangsung di Kantor Bupati Pidie Jaya Kompleks Perkantoran Cot Trieng Gampong Mayang Lancok Kecamatan Meureudu Kab.Pidie Jaya, Kamis (29/12/2016) sekira pukul 09.00 Wib.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 1000 (seribu) orang tersebut turut dihadiri oleh Bupati Pidie Jaya Tgk. H. Aiyub Abbas, Metua DPRK Pijay Armia Harun, Kapolres Pidie yang diwakili oleh Waka Polres Pidie Kompol Tirta Nur Alam, SE, Dandim 0102 / Pidie diwakili oleh Pasi Log Kapten Inf Maulana, Sekda Kab.Pidie Jaya Ir. Iskandar Ali, M.Si, Ketua MPU Pidie Jaya Tgk H. M. Nur Hasballah, Kepala Baitul Mal Pidie Jaya tgk. Marzuki M. Ali, SH, Ketua Kemenag Pidie Jaya M. Iqbal, SE, Kajari Pidie Jaya, Abdul Muin, S.H., Ketua BPS Pidie Jaya, Anwar Wahab, Ketua Mahkamah Syariah, Surya Ahmad, SH, Kapolsek Meureudu AKP T. Muhammad, Para Asisten Sekdakab Pidie Jaya, Para Kepala SKPK dalam Kab. Pidie Jaya, Para Camat dalam Kab. Pidie Jaya, Para Mustahiq Masyarakat Kab. Pidie Jaya.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan meliputi ; Istighosah, Pembacaan Ayat Suci Al’ Qur’an dan Shalawat Badar oleh Faizul Aulia, penyerahan zakat infaq secara simbolis dari Bupati Pidie Jaya dan Ketua DPRK Pidie Jaya kepada perwakilan masyarakat Kabupaten Pidie Jaya, Pembacaan SK Baitul Maal tentang Penyaluran Zakat dan Infaq kepada Mustahiq Pidie Jaya, Pemberian Penghargaan kepada Amil Zakat terbaik Kab. Pidie Jaya oleh Bupati Pidie Jaya dan diakhiri dengan Penutup/Doa.

Acara pun dilanjutkan dengan penyampaian kata – kata sambutan oleh Kepala Baitul Maal Pidie Jaya dan Bupati Pidie Jaya, diantaranya ;

  1. Kita telah diberikan cobaan yang sangat luar biasa oleh Allah SWT, sehingga dengan adanya peringatan ini dapat mempertebal amal dan iman kita kepada Allah SWT;
  2. Alhamdulillah pada kesempatan ini, kami dapat menyalurkan Zakat kepada Mustahiq dalam Kab. Pidie Jaya sebanyak 4.608 orang yang Insyaallah akan sangat bermanfaat bagi kita semua;
  3. Alhamdulillah pemasukan Zakat pada tahun lalu sebesar Rp. 2.423.484.000,-, dan pemasukan Infaq Rp. 641.509.000,-, sedangkan Uang Zakat masuk tahun 2016 sebesar Rp. 3.064.990.000,- untuk pengeluaran hari ini sebesar Rp. 2.906.361.000,- uang kas yang ada saat ini sebesar Rp. 158.631.000,- dana infaq hari ini Rp. 1.000.217.000,-, sehingga sisa Kas Baitul Maal saat ini sebesar Rp. 136.000.000,- Jumlah Zakat dan Infaq tahun ini sebesar Rp. 4.065.000.000,-;
  4. Alhamdulillah hari ini kami akan memberikan penyaluran Zakat kepada Para Mustahiq sebesar Rp. 500.000,- untuk santri sejumlah 250 santri sebesar Rp. 50.000,-, untuk badan Pengajian sebanyak 43 unit masing-masing akan mendapatkan uang sebesar Rp. 1 Juta, untuk Mualaf sebesar Rp. 2 Juta, untuk usaha orang miskin sebanyak 35 orang sebesar Rp. 2 Juta, kami harapkan kepada usaha orang miskin membuat kotak amal bertuliskan Infaq dan harus memasukkan uang seribu rupiah perharinya sehingga akan membantu para Mustahiq lainnya, sedangkan kepada Majelis taklim perkecamatan kami bantu Sebesar Rp. 2juta rupiah serta Panti asuhan sebesar Rp. 2,5 Juta;
  5. Marilah kita bersama-sama membayar Zakat sesuai dengan kemampuan kita agar kita dapat membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu sehingga harta kita menjadi halal dan barokah, amin ya robbal alamin.
  6. Pada kesempatan ini ijinkan kami menyampaikan sambutan pada acara Penyaluran Zakat dan Infak TAHAP II se-Kab. Pidie Jaya tahun 2016, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa baitul maal adalah sebuah lembaga daerah non struktur yang diberi kewenangan untuk mengelola dan mengembangkan Zakat, Infaq dan Harta Agama yang bersumber dari masyarakat dan disalurkan kepada masyarakat yang bergak menerima.
  7. Dalam suasana prihatin dan berduka dimasa tahap penulihan akibat gempa bumi ya.g menimpa daerah kita pada subuh tanggal 07 Desember 2016 , kami mengajak semua untuk merenung sejenak seraya memanjatkan doa kepada Allah SWT, agar saudara-saudara kita yang tertimpa musibah bencana diberikan kemudahan dan mendapatkan tempat yang baik di sisi Allah SWT, tentunya musibah ini yelah memberikan pelajaran yang berarti kepada kita semua agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT serta menjaui segala larangannya.
  8. Menunaikan zakat temtu bukan semata-mata masalah yang berkaitan dengan hukum saja, akan tetapi jika dilaksanakan dengan sebaik-baiknya tentu akan membaea implikasi peningkatan mutu kesejahteraan rakyat.
  9. Lembaga Baitul Maal memilih dua amanah sekaligus:

1). Amanah sebagai pemberdayaan manusia.

2). Menyadarkan manusia untuk menunaikan zakat sebagai kewajibannya

10. Di era reformasi dan globalisasi Zakat dan Infaq sangat berguna untuk mengatasi berbagai permasalahan baik permasalahan ekonomi, sosial dan kesejahteraan masyarakat, beberapa permasalahan ua.g dihadapi oleh negara atau suatu daerah adalah kemiskinan pengangguran dan kesenjangan sosial.

11. Kemiskinan adalah persoalan yang sangat serius yang perlu mendapatkan perhatian dari berbagai kalangan baik pemerintah maupun para Muzakki, pemerintah Kab. Pidie Jaya telah meluncurkan berbagai macam program untuk pemberdayaan masyarakat fakir dan miskin diantaranya, pemberdayaan ekonomi lemah, santunan Fakir miskin melalui Zakat dan Infaq dan peregapan rimah kaum dhuafa yang tidak layak huni.

12.Pemerintah Kab. Pidie Jaya sangat mengapresiasi kinerja pengurus dan sekretaris Baitul Maal Pidie Jaya yabg telah berusaha keras untuk meningkatkan PAD setiap tahunnya, sehingga para Mustahiq setiap tahunnya dapat menikmati santunan zakat dan Infaq secara adil dan merata, dan kami sangat berharap pada jajaran kemenag pidie jaya untuk dapat menyetorkan zakat dan Infaq langsung ke rekening Baitul Maal Pidie Jaya setiap bulannya.

13.Pemerintah sangat berharap kepada kaum ayah dan umi serta para santri dayah kaum Mustahiq untuk mempergunakan santunan dengan sebaik-baiknya agar uang tersebut dapat bermanfaat dan mebdapat keberkahan dari Allah SWT.

14. Atas nama Pemerintahan Kab. Pidie Jaya mengaharapkan kepada seluruh Mustahiq Zakat dan Infaq agar mengikuti acara pembagian dengan tertib dan teratur, kemudian selamat kepada pengurus dan sekretariat Baitul Maal Pidie Jaya yang telah berkerja dengan penuh amanah dan ikhlas beramal sesuai dengan tuntunan agama islam.

Acara pun dilanjutkan dengan pembagian Zakat dan Infaq kepada para Camat, kemudian diberikan ke Keuchik Kampung untuk disalurkan kepada para Mustahiq.