Home » BERITA » Polres Pidie Gelar Pemeriksaan dan Penarikan Senjata Api Dinas

Polres Pidie Gelar Pemeriksaan dan Penarikan Senjata Api Dinas

Tribratanewspolrespidie.com |

Kasi Propam Polres Pidie IPTU Bukhari, S.H bekerja sama dengan Subbag Sarpras Polres Pidie melakukan Pemeriksaan dan Penarikan Senjata api Dinas bagi anggota yang tidak memenuhi syarat dalam hasil Psikologi Pemegang Senjata Api. Rabu (26/02/2020).

Setelah dilakukan Pendataan dan pemeriksaan Senjata api bagi anggota yang memegang Senjata api Dinas kemudian dilakukan Penarikan Senjata api bagi anggota yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Kapolres Pidie AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar, S.I.K melalui Kasi Propam Polres Pidie IPTU Bukhari, S.H mengatakan, Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 4 Tahun 2007 tentang Tata Cara Pemeriksaan Psikologi bagi Calon atau Pemegang Senjata api Organik Polri dan Nonorganik TNI/Polri, setiap calon atau pemegang Senjata Api harus diperiksa secara berkala.

Pemeriksaan berkala terhadap senjat api yang digunakan anggota itu dilakukan untuk memastikan senjata Organik dan Nonorganik Kepolisian tersebut layak digunakan. Selain itu pemeriksaan dan Psikotes yang dijalani anggota pemegang maupun calon anggota pemegang Senjata Api dilakukan untuk memastikan secara Psikologis bahwa mereka layak memegang Senjata.

Penarikan senpi dilakukan seksi Propam Polres Pidie Saat ditarik, kondisi senjata tersebut diperiksa, termasuk dihitung jumlah pe­lurunya. Sebab setiap anggota dibekali peluru dengan jumlah tertentu. Setiap peluru yang ditembakkan ada pertanggung ja­wabannya. Jadi tidak sembarangan menembak. (Humas Polres Pidie). IN