Home » BERITA » Polisi Padamkan Api Yang Melahap 10 Ha Lahan Hutan Milik Warga Tuha Lala

Polisi Padamkan Api Yang Melahap 10 Ha Lahan Hutan Milik Warga Tuha Lala

KABAG OPS PADAMKAN API DI KEC.LALA

Kabag Ops Polres Pidie Kompol Apriadi, S.Sos memadamkan 10 Ha Lahan Milik Warga Gampong Tuha Lala Kecamatan Mila Kab.Pidie, Kamis (18/08/2016) sekira pukul 15.00 Wib.

Tribratanewspolrespidie.com ;   20 ( Dua puluh ) Tim Khusus (Tim sus ) Polres Pidie yang di Pimpin oleh Kompol Apriadi, S.Sos naik gunung untuk memadamkan api yang melalap 10 Ha lahan Hutan milik Warga Tuha Lala Kecamatan Mila Kab.Pidie pada Kamis (18/08/2016) sekira pukul 15.00 Wib.

Kebakaran hutan tersebut berawal dari pembakaran lahan hutan milik Sdr. Adi Bin Nurdin yang dilakukannya pada Kamis (18/08/2016) sekira pukul 12.00 Wib yang pada saat kejadian dilakukan olehnya sendiri dengan cara menumpukkan dahan kayu yang sudah kering lalu dibakar dengan menggunakan korek api kemudian Adi pun pulang kerumah, merasa panik ia pun melaporkan kejadian tersebut ke Geuchik Gampong Tuha Lala tentang kebakaran tersebut.

Kemudian pada saat disaksikan oleh Geuchik Tuha Lala, api pun sudah mulai membesar dan merambat ke lahan tetangga, lalu sekitar pukul 14.50 Wib Geuchik pun melaporkan ke Polsek Mila, selang 10 Menit tim Khusus pun tiba dibantu oleh Personil Polsek Keumala, Sakti, Pidie, Grong- Grong, Delima serta Koramil setempat tiba dilokasi untuk memadamkan api dengan menggunakan peralatan Racun pembasmi Api dan Ranting – ranting basah yang ada disekitar lokasi dan tepatnya pada pukul 19.00 Wib , api pun berhasil dipadamkan.

Adapun lahan – lahan milik warga Gampong Tuha Lala Kecamatan Mila Kab.Pidie yang hangus dilalap sijago merah dengan total luas area 10 Ha diantaranya ;

  1. Adi bin Nurdin, babah curong, luas lahan terbakar 2 Ha.
  1. Tgk. Yahya, gp babh curong, luas lahan terbakar 3 Ha.
  1. Tgk. Idris, gp Masjid Ande, luas luas lahan terbakar 3 Ha.
  1. Wapah, gp babah, luas luas lajan terbakar 2 Ha.

Kerugian atas kejadian tersebut ditaksir sebesar Rp. 20.000.000,- (dua puluh juta) rupiah.

Kapolres Pidie AKBP M. Ali Kadhafi, SIK melalui Kabag Ops Polres Pidie Kompol Apriadi, S.Sos mengatakan selama ini kejadian kebakaran hutan di wilayah Kab. Pidie sering dilakukan oleh warga sekitar dengan cara membakar ranting – ranting kering di sekitar lahan sehingga ditambah dengan cuaca yang sekarang masih ekstem dengan suhu yang sangat panas, lahan pun sangat mudah terbakar dan menyebar.