Home » BERITA » Polisi Membantu Membuka Jalan Yang di Blokade Oleh Warga di Laweung

Polisi Membantu Membuka Jalan Yang di Blokade Oleh Warga di Laweung

HHHHHHHHHHH

Personil Polres Pidie bersama – sama warga membuka Jalan yang di Blokade oleh warga di Gampong Tgk Dilaweung Kecamatan Muara Tiga Kab.Pidie pada Sabtu (17/06/2017) sekira pukul 07.00 Wib.

Tribratanewspolrespidie ; Aksi menutup Jalan yang dilakukan oleh sekelompok warga Gampong Tgk Dilaweung menuju ke PT Pabrik Semen Indonesia Aceh yang berlokasi di Gampong Tgk Dilaweung Kecamatan Muara Tiga Kab.Pidie, akhirnya berhasil di buka oleh Personil Polres Pidie yang di bantu oleh Personil Polsek Muara Tiga pada Sabtu (17/06/2017) sekira pukul 07.00 Wib, pagi tadi.

Dalam Aksi Demo tersebut, massa yang berjumlah lebih kurang 300 (tiga) ratus orang memblokade akses jalan dari Gampong Tgk Dilaweung Menuju ke PT Pabrik Semen Indonesia Aceh dengan menggunakan 2 (dua) batang tiang listrik dan mendirikan tenda ditengah jalan agar dapat menghambat para Karyawan Pabrik yang akan berangkat kerja menuju PT. Pabrik Semen Indonesia Aceh di Gampong Cot Kecamatan Muara Tiga Kab.Pidie.

Geuchik Tgk Dilaweung , Adhar beserta Sekdes , Basri Su’id, Ketua TPG, Tgk Madi dan para perangkat Gampong Tgk Di Laweung yang memimpin langsung dalam aksi demo tersebut.

Kapolres Pidie AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar, SIK saat di konfirmasi oleh humas polres pidie mengatakan, aksi demo tersebut dilakukan dikarenkan ketidak puasan masyarakat Gampong Tgk Dilaweung Kecamatan Muara Tiga Kab.Pidie terhadap PT Samana Citra Agung.

Adapun beberapa tuntutan yang diutarakan oleh masyarakat dalam aksi demo tersebut diantaranya;

  1. Bicarakan tentang bunyi berita acara Yang Telah Disepakati Pada tahun 2016 di kantor Pusat PT. Samana Citra Agung di Banda Aceh.
  2. Hal yang dipertanyakan Poin – Poin perlakuan yang sama antara Gampong Cot dengan Desa – desa yang Lainnya (Empat Desa) yang ada di kemukiman Laweueng.
  1. Dengan kekecewaan Masyarakat Gp.Tgk Di Laweung, Para Toko dan Masyarakat. Pihak PT. Samana Sanggup Menambahkan Dana Kerahiman Rp.400.000,- ( Empat Ratus Ribu Rupiah). Dan Tidak sesuai Dengan Surat Berita Acara Yang Telah Disepakati Pada Tahun 2016.
  2. Agar pihak PT. Samana Citra Agung dapat melihat langsung bahwa masyarakat Gp.Tgk Di Laweung telah Marah karena tidak sesuai pembagian Dana Kerohiman dengan Gampong Cot Kec. Muara Tiga Kab. Pidie.
  3. Agar dana kerahiman disamakan dengan Masyarakat Gp. Cot Kec. Muara Tiga Kab. Pidie sehingga dengan hal tersebut dapat timbul rasa kecemburu sosial dari Desa – desa lain.

Sementara itu Dandim 0102 Pidie Letkol Arh Donny Indiawan, S.IP juga memberikan arahan kepada mass yang melakukan aksi tersebut diantaranya ;

  1. Di beritahukan kepada warga Gp. Tgk Di Laweung pada hari selasa tanggal 20 Juni 2017 sekira pukul 10.00 Wib. Bertempat  dikoramil 01. Muara Tiga yang bahwa direktur PT.  Semen dan PT. Samana akan bernegosiasi dengan Masyarakat Gp. Tgk Di Laweung mengenai pembagian Dana Kerahiman tersebut.
  2. Agar Masyarakat dapat membubarkan diri dan kembali ke rumahnya masing – masing.
  3. Untuk perwakilan pada hari selasa di harapkan para tokoh dan perangkat desa dapat hadir untuk melaksanakan rapat tersebut sehingga dapat terselesaikan permasalahan tersebut dengan baik.

Disamping itu juga Kapolres Pidie yang diwakili oleh Kasat Sabhara Polres Pidie juga menyampaikan beberapa hal di antaranya ;

  1. Di harapkan kepada Masyarakat Gp. Tgk Di Laweung agar menahan diri sehingga tidak terjadi kesalah pahaman antara pihak keamanan dengan masyarakat tentang pelaksanaan aksi demo damai tersebut.
  2. Agar dalam pelaksanaan aksi demo damai tersebut masyarakat di harapkan tidak bersikap arogan dan tindakan anarkis dan tidak dapat mudah terprovokasi dengan pihak – pihak tertentu yang igin memamfaatkan situasi.
  3. Agar perangkat Desa, Tokoh Masyarakat dan Geuchik Gp. Tgk. Di Laweung perwakilan Gampong dapat hadir pada hari selasa tanggal 20 Juni 2017 sekira pukul 10.00 Wib bertempat di Koramil 01 Muara Tiga.

Turut hadir dan memantau serta mengamankan lokasi dalam aksi demo tersebut Dandim 0102 Pidie Letkol Arh Donny Indiawan, S. IP, Kapolres Pidie an. Akbp Andy Nugraha Siregar. S.I.K., Kabag Ops Polres Pidie an. Kompol Apriadi, S.Sos, Kasat Intelkam Polres Pidie an. Iptu Andri Permasi Sik, Kasat Sabhara Polres Pidie an. Iptu Jaflani, SH, Danramil 01 Muara Tiga an. Kapten Inf. Ridwan Simbolon, Danramil Batee an. Kapten Inf. Bambang. S, Kapolsek Muara Tiga an. Ipda Maksum Umar. SH, Kapolsek Batee an. Ipitu Much Hajj, KBO Reskrim an. Ipda Iskandar Selian. SH, Kanit III Sosbud Sat IK Polres Pidie beserta Anggota.

Kegiatan tersebut berakhir pada pukul 10.00 Wib, massa pun berbubarkan diri dengan tertib.