Home » GIAT POLSEK » Pelaksanaan Upacara HKN di Kab. Pidie Jaya

Pelaksanaan Upacara HKN di Kab. Pidie Jaya

Tribratanewpolrespidie.com |

Pada hari Selasa tanggal 12 November 2019 sekitar pukul 08.30 Wib bertempat Halaman Kantor Bupati Pidie Jaya Perkantoran Cot Trieng Gp. Manyang Cut Kec. Meureudu Kab. Pidie Jaya telah dilaksanakan monitoring dan pengamanan Upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 55 di Kab. Pidie Jaya Tahun 2019, dengan Tema “Generasi Sehat Indonesia.

Dalam upacara HKN Hari Kesehatan Nasional yang dihadiri oleh beberapa Pejabat jajaran Kab. Pidie Jaya yaitu Bupati Pidie Jaya diwakili Wakil Bupati Pidie Jaya, H. Said Mulyadi, SE. MSi, Ketua DPRK Pidie Jaya, A. Kadir. Jailani, Sekdakab Pidie Jaya, Drs. Abd Rahman Puteh, SE. MM, Ka. Kejari Kab. Pidie Jaya diwakili Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara Kajari Pidie Jaya, Mawardi, SH, Asisten I Bid. Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, M. Syakur, M.Si,  Asisten II Bid. Ekonomi dan Pembangunan, Ir. Jailani, Asiten III Bid. Adminitrasi Umum, H. Said Abdullah, SH. M.K.M, Danramil 19 Meureudu, Kapten Inf. Bahagia, Kapolsek Meureudu, AKP Rustam Nawawi, SIK, Kepala Inspektorat Kab. Pidie Jaya, H. Jamian, M. Pd, Ka. Kemenag Kab. Pidie Jaya, Amat Yani, S.Pdi, Kepala Syariat Islam Kab. Pidie Jaya, Ir. Manaf Puteh, Ketua Mahkamah Syariah Meureudu, A. Mahfuddin, SAg. MH,. Para Kepala dan SKPK Sekda Kab. Pidie Jaya, Para Camat dalam Kab. Pidie Jaya, Perwakilan BUMN dalam Kec. Meureudu,  Para Dokter Spesialis/Umum Kab. Pidie Jaya.

Pelaksanaan tersebut yang menjadi Irup Wakil Bupati Pidie JAya H. Said Mulyadi dan Perwira upacara Masturi Rizki Ananda, S,.Stp, Danup Staf Humas Kab. Pidie Jaya Puja Prawijaya, S. Stp.

Adapun Sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia dibacakan oleh Inspektur Upacara sebagai berikut yaitu Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberi limpahan rahmat dan karunianya kepada kita semua sehingga kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk dapat memperingati hari kesehatan nasional yang ke 55 pada tanggal 12 November 2019, Peserta upacara yang saya hormati tema hari kesehatan nasional ini adalah “Generasi sehat Indonesia unggul” sebagaimana yang telah diamanatkan oleh presiden dalam pelantikan kabinet Indonesia maju 2020-2024 bahwa perhatian pemerintah dalam kurun 5 tahun mendatang di prioritaskan pada pembangunan sumber daya manusia.

Menegaskan arahan presiden Republik Indonesia bahwa ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait SDM yang berkualitas yaitu “Stunting” dan Jaminan Kesehatan Nasional. sementara ada 2 isu kesehatan lainnya yang juga harus diatasi yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri. hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya. Berbagai keberhasilan pembangunan kesehatan untuk pembangunan SDM telah diraih dari kinerja kabinet lalu yang ditandai dengan adanya peningkatan indeks pembangunan manusia Indonesia setiap tahun di mana salah satu parameter yang diukur adalah “usia harapan hidup”. isu-isu strategis telah dilaksanakan dan menghasilkan perbaikan antara lain dengan menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka Stunting, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dengan menurunnya angka TB. terimakasih dalam kurun waktu 5 tahun angka Stunting telah berhasil diturunkan hampir 10%.

Jaminan kesehatan nasional atau JKN, telah dilaksanakan sepenuhnya, walaupun besar tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan JKN ini, peningkatan pemanfaatan JKN menjadi bukti bahwa JKN sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. untuk itu Mari kita cari solusi Bagaimana mengatasi masalah yang dihadapi saat ini dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih adil dan merata. Pada 5 tahun masa tugas Kabinet Indonesia kerja 2015-2019, pembangunan kesehatan telah memperjuangkan tiga pilar yaitu “paradigma sehat”penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya jaminan kesehatan nasional, yang mengusung kegiatan promotif dan preventif melalui beberapa program unggulan bidang kesehatan seperti germas atau gerakan masyarakat hidup sehat, PIS-PK atau program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga dan NS (Nusantara Sehat).

Kita patut berbangga pembangunan kesehatan dalam 5 tahun terakhir ini kian dirasakan manfaatnya,namun kita juga tidak dapat menutup Mata terhadap berbagai permasalahan yang masih ada dalam proses pembangunan kesehatan di tanah air. Kita masih dihadapkan pada kompleksitas masalah stunting, JKN, serta penyediaan pelayanan kesehatan dasar. betapapun pemerintah sudah senantiasa responsif dalam memecahkan masalah-masalah tersebut selaras dengan tuntutan masyarakat,kita juga masih dihadapkan pada kesulitan menyediakan obat dan alat kesehatan produk lokal yang murah dan berkualitas. Dalam pelaksanaan tata kelolanya,saya mau minta pembangunan kesehatan di daerah serta pemanfaatan anggaran harus dilaksanakan dan dikelola secara baik benar dan bertanggung jawab, akuntabel, transparan serta dengan sistem monitoring evaluasi yang ketat. Dalam perspektif saat ini pembangunan kesehatan menekankan 2 penguatan yaitu optimalisasi inovasi layanan kesehatan dan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan.optimalisasi inovasi layanan kesehatan dimaksudkan untuk mengefisiensikan tindakan-tindakan yang maha dengan mengoptimalkan inovasi pelayanan kesehatan dan penyediaan obat dan alat kesehatan produk lokal dalam negeri tanpa mengurangi kualitas dan mutu.

Sementara harmonisasi kepentingan pemangku kepentingan terkait konektivitas antara kementerian dan lembaga,lintas sektor maupun kerja lintas program terkait lebih ditingkatkan agar tidak terjadi tumpang tindih sehingga fokus pada pemecahan masalah kesehatan. Tentu semua itu membutuhkan dedikasi dan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam sektor kesehatan di tingkat pusat dan daerah. Melalui momentum hari kesehatan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan kita untuk menitikberatkan pembangunan generasi sehat yang dilandasi tekad untuk memajukan bangsa.Untuk itu saya berharap kita dapat bekerjasama dengan baik dalam melakukan upaya-upaya inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku sesuai amanat Presiden khususnya dalam mengentaskan stunting dan memperbaiki layanan kesehatan beserta membenahi tata kelola BPJS kesehatan serta penyediaan obat dan alat kesehatan lokal yang murah dan berkualitas.apa sudah dirintis sebelumnya kita lanjutkan dan tingkatkan.saya optimis kita dapat mewujudkan SDM unggul Indonesia maju seperti yang diharapkan oleh Presiden dan oleh kita semua.

Atas nama pemerintah izinkan saya menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan kesehatan di seluruh penjuru negeri terutama kepada segenap jajaran kesehatan jajaran lintas sektor di pusat dan daerah serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu-membahu berjuang tanpa mengenal lelah untuk melaksanakan pembangunan kesehatan dalam mempersembahkan “Generasi sehat Indonesia unggul”. Kita berharap generasi sehat yang kita perjuangkan bersama dapat menjadi SDM unggul yang akan mengisi 100 tahun Indonesia merdeka pada tahun 2045 yang bertepatan saat bonus demografi Untuk mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju makmur dan sejahtera.

Kegiatan Upacara HKN (  Hari Kesehatan Nasional ) selesai pada pukul 09.30 Wib berjalan dengan lancar dan aman.

“Bripka Indra Afrizal “