Home » GIAT POLSEK » Muspika Glumpang Tiga Melaksanakan Musyawarah (Problem Solving)

Muspika Glumpang Tiga Melaksanakan Musyawarah (Problem Solving)

Tribratanewspolrespidie.com |

Muspika Kec. Glumpang Tiga Kab. Pidie melaksanakan Musyawarah Penyelesaian Masalah (Problem Solving) terkait Sengketa Tapal Batas antara Gp. Amud dan Gp. Tufah Jeulatang yang dilaksanakan Kantor Camat Glumpang Tiga Kec. Pidie. Selasa (25/02/2020).

Dalam pelaksanaan tersebut yang dihadiri oleh Camat Glumpang Tiga Drs. Ishak Ibrahim, Danramil 10 Glp. Tiga Kapten Inf Nazaruddin, Kapolsek Glp. Tiga IPTU Moch Yusuf, Waka Polsek Glp. Tiga beserta Kanit Bimas dan Kanit Intelkam Polsek Glp. Tiga, keucyik Gampong Amud beserta tokoh masyarakat dan Keucyik Gampong Tufah Jeulatang beserta Tokoh masyarakat.

Adapun agenda dalam musyawarah tersebut Muspika Kec. Glp. Tiga Kab. Pidie Melaks acara tersebut untuk penyebab timbulnya sengketa tapal batas antara kedua Gampong tersebut serta penyelesaian masalah sengketa tapal batas.

Dengan pemicu sengketa tapal batas antara lain, kedua Gampong saling klaim batas Gampong di area persawahan di karenakan pada saat musim panen padi tiba ,Kujruen blang (petugas sawah) memasukkan mesin pemotong Padi dan mendapat fee dr pengusaha Mesin potong padi sehingga saling klaim untuk mendapatkan fee yang besar sehingga memprovokasi masyarakat. Kejadian sengketa tapal batas tersebut hanya terjadi saat musim panen padi tiba dan yang di rugikan masyarakat yang berada di area yang di sengketakan.

Hasil musyawarah terkait sengketa tapal batas antara Gp. Amud dan Gp.Tufah Jeulatang sebagai berikut antaranya, Muspika Kec. Glp. Tiga Kab. Pidie akan melihat administrasi kepemilikan tanah di area yang di sengketakan, Selanjutnya Muspika akan mempelajari terlebih dahulu Administrasi, Kedua belah Gampong sepakat tidak akan melakukan hal hal yang mengganggu ketertiban masyarakat, Muspika Kec. Glumpang Tiga akan memanggil kembali tokoh masyarakat kedua gampong ke kantor Camat Glp. Tiga untuk memutuskan perihal sengketa tapal batas dan Kedua belah pihak menerima keputusan dari Muspika.

Adapun penyelesaian masalah sengketa tapal batas antara Gp. Amud dengan Gp. Tufah Jeulatang Kec. Glp Tiga Kab. pidie di lanjutkan dengan meninjau lokasi yang di sengketakan dan selesai sampai pukul 12.00 wib, kegiatan berjalan dgn aman dan tertib. (Humas Polres Pidie). IN

.