Home » BERITA » Minta Uang 1 % dari Harga Tanah, Tim Saber Pungli Pidie OTT Kades Adang di Padang Tiji

Minta Uang 1 % dari Harga Tanah, Tim Saber Pungli Pidie OTT Kades Adang di Padang Tiji

sssssssssssssssssss

Tribratanewspolrespidie ; Tim Saber Pungli Kab.Pidie yang di pimpin oleh Waka Polres Pidie Kompol Tirta Nur Alam, SE berhasil melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap salah seorang Kepala Desa (Kades) Gampong Adang Kecamatan Padang Tiji Kab.Pidie berinisial ZK, 40 thn yang melakukan pengutan liar (pungli), pada Selasa (25/04/2017) sekira pukul 18.00 Wib.

Penangkapan Kades tersebut berdasarkan laporan masyarakat Gampong Adang yang pada saat kejadian sedang mengurus surat akte jual beli tanah senilai Rp 35.000.000 (tiga puluh lima) juta rupiah.

Namun saat warga tersebut menemui ZK untuk meminta tanda tangan beserta pengurusan surat tanah, ZK memungut biaya sebesar 1 % dari harga tanah.

Merasa keberatan, warga Gampong adang tersebut melaporkan tindakan kepala desa tersebut ke tim saber pungli Kab.Pidie, lalu tim melakukan pengecekan dan langsung mengamankan ZK saat sedang menerima uang dari warga Gampong Adang tersebut di rumahnya. Tak berkutik saat tim saber menangkapnya, ZK berkicau bahwa ia sudah konfirmasi dengan Camat Kecamatan Padang Tiji sebelum mengutip uang haram tersebut.

Waka Polres Pidie Kompol Tirta Nur Alam, SE selaku Ketua Tim Saber Pungli Kab.Pidie, saat di konfirmasi oleh humas polres pidie mengatakan , benar telah ditangkap salah seoran warga Gampong Adang yang berprofesi sebagai Geuchik yang melakukan pungutan liar (pungli) saat pengurusan akte jual beli tanah di Gampong Adang Kecamatan Padang Tiji Kab.Pidie.

Kini pelaku berinsial ZK, 40 thn, dan barang bukti uang tunai sejumlah Rp 350.000 ( tiga ratus lima ribu) rupiah pecahan 50 ribu telah diamankan di Mapolres Pidie.

Dalam kasus ini ZK akan kita dijerat dengan pasal 368 KUHP jo pasal 12 huruf e Undang – undang nomor 20 / 2001, sebut Tirta.”