Home » BERITA » Larang Penambang Emas Menggunakan Alat Berat, Polisi Himbaun Warga Dengan Menempel Seruan Muspida

Larang Penambang Emas Menggunakan Alat Berat, Polisi Himbaun Warga Dengan Menempel Seruan Muspida

uyutok

Personil Sat Reskrim dan Intelkam Polres Pidie memasang seruan di Keudai Kupi tentang larangan kegiatan penambangan emas menggunakan alata berat, Kamis (10/08/2017) sekira pukul 11.00 Wib.

Tribratanewspolrespidie ; Kepolisian Resor Pidie ( Polres Pidie) dibantu dengan Polsek Geumpang melaksanakan pemasangan himbauan / seruan dari Muspida Kab.Pidie tentang Pelarangan Kegiatan Penambangan Emas Menggunakan Alat Berat di pasar – pasar, keude kopi dan lokasi yang dekat dengan penambangan, pada Kamis (10/08/2017) sekira pukul 11.00 Wib siang tadi.

Kegiatan tersebut di pimpin langsung oleh KBO Sat Reskrim Polres Pidie Ipda Iskandar Selian.

Himbaun / Seruan yang ditandatangani oleh Bupati Pidie Roni Ahmad, Ketua DPRK Pidie, Kapolres Pidie serta unsur Muspida lainnya berlandaskan hukum undang – undang nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara, undang – undang nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup serta undang – undang nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan kerusakan hutan.

Adapun isi himbauan / seruan tersebut adalah sebagai berikut ;

  1. Pemilik modal (badan usaha) untuk tidak melakukan usaha pertambangan emas tanpa memiliki izin usaha pertambangan (IUP),dan izin usaha pertambangan khusus (IUPK).
  2. Masy untuk tidak menambang emas secara ilegal atau tanpa memiliki izin pertambangan rakyat (IPR) dilokasi/daerah pergunungan sungai dan atau lokasi daratan lainnya
  3. Pemilik alat berat/becho utk tdk menyewakan dan atau menyediakan fasilitas penggunaan alat berat kepada pemilik modal/masy yg melakukan penambangan emas ilegal/penambangan emas yang tidak memiliki izin usaha pertambangan (IUP),izin pertambangan rakyat (IPR) dan izin usaha pertambangan khusus.
  4. Apabila dalam kurun waktu 1 (satu) bulan srjak dikeluarkan himbauan ini masih ditemukan melakukan kegiatan penambangan emas secara ilegal,maka kepada pemilik modal/badan usaha masy dan pemilik alat berat tsb akan dilakukan upaya penegakan hukum sesuai dgn ketentuan perundang2an yang berlaku.