Home » BERITA » Lagi Kawanan Gajah Liar Obrak Abrik Kebun Warga di Lhok Keutapang

Lagi Kawanan Gajah Liar Obrak Abrik Kebun Warga di Lhok Keutapang

nnnnnnnnnnnnnnnnn

Tribratanewspolrespidie ; Kawanan Gajah liar kembali mengobrak abrik kebun milik warga dengan luas 7 Ha di Gampong Lhok Keutapang Dusun Geunie Kecamatan Tangse Kab.Pidie, Minggu (30/04/2017) sekira pukul 18.00 Wib.

Diketahui bahwa kawanan Gajah telah memasuki kebun milik warga Lhok Keutapang, saat salah seorang pemilik kebun bernama Piaman, 70 thn, Tani, Warga Gampong Lhok Keutapang Dusun Geunie Kecamatan Tangse Kab.Pidie hendak mengecek lokasi tanaman pinang dan kelapa yang telah ditanamnya beberapa bulan belakang.

Saat tiba di kebun miliknya, Piaman melihat sekitar 11 (sebelas) kawanan Gajah liar sedang mengobrak abrik kebunnya dan kebun milik salah seorang warga Lhok Keutapang Dusun Geunie Kecamatan Tangse Kab.Pidie lainnya bernama Alamsyah, 35 thn, Tani serta Kebun milik Aris, 45 thn, Tani yang berdomisili di Gampong tersebut juga.

Merasa panik, piaman lari meninggalkan kebun dan memberitahukan kepada warga sekitar tentang keberadaan hewan menyusui bertubuh besar tersebut.

Selang beberapa menit tiba personil Polsek Tangse yang di pimpin oleh Iptu Nurman Ali bersama personil Koramil Tangse sebanyak 16 (enam belas) tiba di lokasi kejadian dan langsung melakukan penyisiran ke lokasi kebun yang telah di jamah oleh para Kawanan Gajah liar tadi.

Setelah dilakukan penyisiran, kawanan gajah liar telah meninggalkan tempat dan kembali ke atas gunung.

Kapolsek Tangse Iptu Nurman Ali, SH saat dikonfirmasi oleh humas polres pidie mengatakan benar telah terjadi pengerusakan kebun milik warga yang dilakukan oleh kawanan gajah liar di Gampong Lhok Keutapang Dusun geunie Kecamatan Tangse Kab.Pidie.

Di lokasi ada beberapa jenis tanaman yang di rusak oleh kawanan tersebut yakni mulai dari Pinang, Kelapa dan tani tahunan, sementara kerugian ditaksir mencapai puhan juta rupiah.

Dari kejadian tersebut Kapolsek pun telah berkoordinasi dengan Unsur Muspika Kecamatan Tangse tentang upaya penghalauan Gajah, agar melibatkan gajah penggiring dan untuk aparatur Gampong agar melakukan pengawasan terhadap masyarakat yang hendak pergi ke kebun di gunung agar tidak naik ke gunung dulu mengingat masih banyaknya Gajah liar yang berkeliaran di Kecamatan Tangse sehingga tidak terjadi korban jiwa, serta mengimbau kepada para masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap posisi keberadaan kelompok gajah untuk antisipasi hal – hal yang tidak diinginkan, kata Nurman Ali.”