Home » BERITA » Korban Laka Lantas Pidie, 91 Orang Tewas

Korban Laka Lantas Pidie, 91 Orang Tewas

Korban Lakalantas di Pidie, 91 Orang Tewas

Korban Lakalantas di Pidie, 91 Orang Tewas

Sigli ; Jajaran Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Satlantas Polres) Pidie membawahi Pidie dan Pidie Jaya mencatat sebanyak 91 orang tewas dalam 137 kasus  kecelakaan  di wilayah Pidie dan Pidie Jaya, periode Januari-Desember 2015.

“Jumlah kerugian materil diperkirakan mencapai Rp 785.500.000,” kata Kapolres Pidie AKBP Muhajir SIK MH melalui Kasat Lantas AKP Mawardi SE didampingi Kanit Lakalantas Aiptu Azwar Effendi, Jumat (1/1).

Dijelaskan, dari 137 kasus lakalantas dimaksud sebanyak 91 orang meninggal dunia, paling dominan 60 persen, di antaranya merupakan warga Pidie. Selebihnya warga wilayah lain. Luka berat 198 orang, dan luka-luka mencapai 34 orang.

Dikatakan, tingginya angka lakalantas ini salah satu faktor manusianya (human error). Selebihnya, karena penyebab jalan kurang lampu penerang, jalan berlubang, dan menyempit. Faktor lain adalah kurangnya rambu di jalan nasional.

Faktor human error, semisal pengendara lengah saat membawa kendaraan. Penyebab lainnya juga batas kecepatan kendaraan sudah melampui dari kecepatan normal, sehingga terjadi kecelakaan .

Disebutkan, sebanyak 70 persen di antara penyebab lakalantas karena human error. Misalnya, pengendara saat di tikungan mendahului kendaraan lain di depannya. Sehingga melebar ke kanan jalan dan, lalu bertabrakan dengan kendaraan arah berlawanan.

“Kondisi lain juga pada saat keluar dari persimpangan tidak sabar lalu tidak melihat kedua arah berlawanan maka terjadi kecelakaan ,” terangnya.

Selanjutnya, sekitar 10 persen faktor penyebab karena kurang kelengkapan rambu-rambu jalan, dan lampu penerang di jalan malam hari ini juga jadi faktor utama

Adapun titik-titik rawan kecelakan di Wilayah Kab.Pidie dan Pidie Jaya;

* Pasangrahan berbatasan Pidie-Aceh Besar Km 89-90
* Liter S Simpang Beutong
* Desa Jok Tanjong, Padang Tiji
* Desa Gogo, Padang Tiji
* Cot Seupeeng Bambi
* Simpang Masjid Rambayan
* Blang Lileu, Rambayan
* Simpang Tanjung Usi, Mutiara Timur
* Gampong Bili Arun, Teupin Raya
* Setelah Jembatan Teupin Raya jika dari arah Sigli
* Paru Keudee
* Peuradee, Pante Raja
* Ulim, Nanggroe Timur Simpang Pt Gorong dan Desa Balee Ulim
* Desa Mugeut Sago, Ulee Glee
* Gampong Bangkeuh Geumpang
* Alue Breueh Mane
* Krueng Meriam Tangse bahaya amblas jalan longsor dan sempit.
* Blang Bungong, Tangse