Home » BERITA » Kapolsek Bantu Mediasi Sengketa Masyarakat Kuta Pangwa VS CV. Mon Mata Raya

Kapolsek Bantu Mediasi Sengketa Masyarakat Kuta Pangwa VS CV. Mon Mata Raya

jkok

Kapolsek Trienggadeng Ipda Mulyadi didampingi Camat Trienggadeng membantu memediasi sengketa permasalahan pembangunan jalan aspal antara CV. Mon Mata Raya dengan masyarakat  Desa Kuta Pangwa Kecamatan Trienggadeng Kab.Pidie Jaya dikantor Camat Trienggadeng Kecamatan Trienggadeng Kab.Pidie Jaya, Rabu (28/12/2016) sekira pukul 10.00 Wib.

Tribratanewspolrespidie ;  Kepolisian Sektor ( Polsek )  Trienggadeng yang di Pimpin oleh Ipda Mulyadi membantu memediasi permalasahan sengketa warga Desa Kuta Pangwa Kecamatan Trienggadeng Kab.Pidie Jaya dengan CV. Mon Mata Raya tentang pengaspalan Jalan di Desa Kuta Pangwa Kecamatan Trienggadeng Kab.Pidie Jaya pasca Gempa Bumi , Rabu (28/12/2016) sekira pukul 10.00 Wib.

Persoalan tersebut muncul saat CV. Mon Mata Raya hendak membangun Jalan Raya yang rusak pasca Gempa Bumi di Desa Kuta Pangwa, lalu masyarakat desa tersebut menolak dengan alasan bahwa masih dalam keadaan berkabung atau berduka dan belum sampai 44 (empat puluh empat) hari.

Penolakan tersebut pun tidak di gubris oleh CV. Mon Mata Raya, kemudian masyarakat pun menjadi berang dan terjadilah cek cok mulut, kemudian masyarakat pun melaporkan kejadian tersebut ke Mapolsek Trienggadeng, kemudian Kapolsek Trienggadeng Ipda Mulyadi menerima laporan tersebut kemudian melakukan koordinasi dengan camat Trienggadeng, lalu kedua belah pihak pun dipanggil ke Kantor Camat Trienggadeng untuk dimediasi, namun belum menemui jalan keluar.

Kemudian tepatnya pada Rabu (28/12) sekira pukul 19.30 Wib di Meunasah Gampong Kuta Pangwa Kecamatan Trienggadeng Kab.Pidie Jaya, masyarakat Gampong Kuta pangwa yang di Pimpin oleh Kepala Desa Kuta Pangwa Marthonis melaksanakan Rapat Desa bersama aparatur desa. tuha peut, ketua pemuda serta masyarakat gampong setempat dan Kapolsek Trienggadeng Ipda Mulyadi, Kanit Reskrim, Kanit Intelkam dan Kasium membahas permalasalahan operasional CV. Mon Mata Raya di Gampong mereka.

Kemudian dari hasil rapat yang mediasi oleh Kapolsek, masyarakat Desa Kuta Pangwa sudah sepakat untuk mengizinkan pengoperasian alat berat CV. Mon Mata Raya hanya pada siang hari s/d  pukul 17.00 Wib, Kemudian waktu yang diberikan masyarakat untuk pengoperasian CV. Mon Mata Raya hanya 1 (satu) Minggu, lalu masyarakat meminta kepada pengelola untuk memasang saringan debu sehingga tidak mengganggu masyarakat sekitar dan masyarakat pun meminta kepada pengelola untuk menghentikan kegiatan pada saat memasuki waktu ashar.

Dan pada Kamis (29/12) sekira pukul 09.00 Wib, Kapolsek, Camat, Kanit Reskrim, Kanit Intelkam dan Kasium pun melaksanakan Patroli Dialogis dan penggalangan terhadap pengelola CV. Mon Mata Raya di Gampong Kuta pangwa Kecamatan Trienggadeng Kab.Pidie Jaya, guna antisipasi terulang kembali terjadinya Perselisihan dan pelarangan terhadap beroperasinya Cv. Mon Mata Raya oleh warga.

Dilapangan Kapolsek memberikan penjelasan kepada pengelola CV. Mon Mata Raya untuk memasang cerobong, agar abu yang keluar tidak menganggu masyarakat sekitar dan meminta kepada pihak pengelola untuk selalu berkoordinasi dengan Muspika dan Kepala Desa maupun tokoh masyarakat Kuta Pangwa.