Home » BERITA » Kapolres Pidie Pimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Di Wilayah Polres Pidie

Kapolres Pidie Pimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Di Wilayah Polres Pidie

Tribratanewspolrespidie.com |

Kapolres Pidie AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar S.I.K memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam di Wilkum Polres Pidie tahun 2020 bertempat di Lapangan Alun-alun Kota Sigli Kab. Pidie. Selasa (21/01/2020). Pukul 08.00 Wib.

Dengan melaksanakan Apel Gelar Pasukan ini dalam rangka Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencan Alam Hal ini terkait dengan cuaca ekstrem yang masih terjadi, Selain itu juga mewaspadai sejumlah titik yang tergolong rawan bencana alam di daerah Kab. Pidie.

Pelaksanaan Apel yang mana apel dihadiri Dandim 0102 Pidie, Kajari Pidie, Kepala BPBD Pidie, Forkopimda Kabupaten Pidie, Waka Polres Pidie, Pejabat dari unsur TNI dan Polri, juga pejabat instansi terkait meliputi Satpol PP, BPBD, Basarnas, Tagana, serta anggota Personil Polres Pidie dan anggota dari tiap instansi sebagai pasukan Apel yang berjumlah kurang lebih 200 Personil.

Dalam sambutan Kapolres Pidie AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar S.I.K mengatakan, tindakan kita dalam upaya evakuasi korban baik itu korban manusia maupun korban materil beberapa kejadian seperti di Kec. Tangse sering terjadi Longsor dan Kebanjiran serta di beberapa wilayah lain nya.

Saya mengajak kepada kita semua agar bersama-sama saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk saling meningkatkan kapasitas kita dalam peningkatan kesiapsiagaan khususnya dalam menjawab tantangan ancaman bencana alam yang di prediksi akan terjadi di wilayah yang kita cintai ini. Acaman yang semakin meninggi mengenai bencana ini harus kita hadapi dengan pengelolaan penanganan bencana secara lebih baik. terang Kapolres Pidie.

“Artinya kita harus memahami ancaman, kekuatan dan kapasitas kita, dan memahami resiko dan mampu menetapkan prioritas penangan untuk mengurangi resiko faktor kunci lainya adalah kesiapsiagaan artinya kemampuan untuk mengantisipasi ancaman , mampu melawan pada saat kejadian bencana, dan mampu bangkit dan cepat pulih dari dampak bencana,” terang Kapolres Pidie.

Perlunya edukasi tentang penanggulangan bencana kepada masyarakat sehingga dapat menciptakan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana yang akan terjadi, Tingkatkan sinergitas dan soliditas penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Serta Pengintegrasian setiap stakeholder dalam setiap pencegahan dan penanggulangan bencana, Penyelenggaraan penanggulangan bencana secara cepat, tepat dan bertanggung jawab sesuai dengan peraturan yang ada, dan meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia melalui pelatihan penanggulangan bencana.

Meningkatkan kualitas data, informasi, dan pelaporan kejadian bencana melalui optimalisasi pemanfaatan peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), Menetapkan regulasi dan melaksanakan pengurangan risiko bencana melalui peraturan daerah. Imbuh Kapolres Pidie. (Humas Polres Pidie) IN.