Home » AGENDA KAPOLRES » Kapolres Pidie Menyampaikan Amanat Pilkada Damai Pidie Jaya Saat Acara Deklarasi Kampanye Damai di Mideun Meurah Setia

Kapolres Pidie Menyampaikan Amanat Pilkada Damai Pidie Jaya Saat Acara Deklarasi Kampanye Damai di Mideun Meurah Setia

Kapolres Pidie AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar, SIK membacakan amanat dalam kegiatan deklarasi damai para pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pidie periode 2018 – 2023 di Gedung Mideun Meurah Setia, Kecamatan Meureudu Kab.Pidie Jaya, Minggu (18/02/2018) sekira pukul 09.30 Wib.

Tribratanewspolrespidie ; Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Pidie Jaya tahun 2018 berlangsung di Gedung Mideun Meurah Setia, Kantor Bupati Pidie Jaya Lama yang terletak di Kota Meureudu Kecamatan Meureudu Kab.Pidie Jaya, Minggu (18/02/2018) sekira pukul 09.30 Wib, pagi tadi.

Acara tersebut di hadiri oleh 4 (empat) pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya periode 2018 – 2023, Pj. Bupati Pidie Jaya, Drs. Kamaruddin Andalah, M.Si, Kapolres Pidie, AKBP Andi N. S. Siregar, S.I.K, Dandim 0102/Pidie, Letkol Arh Donny Indiawan, S.Ip, Ketua DPRK Pidie Jaya dalam hal ini diwakili Wakil Ketua II DPRK Pidie Jaya, Ir. Nazaruddin, Ketua KIP Pidie Jaya, Musman, S.H, Ketua Panwaslih Pidie Jaya, M. Yusuf, S.Pdi, Ketua Panwaslu Pidie Jaya, Muzakir, S.H., M.H, Para Kepala SKPK dalam Pemkab Pidie Jaya, Para Camat se-Kab. Pidie Jaya, Para komisioner KIP Pidie Jaya, Para anggota Panwaslih Pidie Jaya, Para Ketua Parpol Kab. Pidie Jaya, Para anggota Tim Pemenangan masing-masing Paslon Bupati-Wakil Bupati, Para anggota PPK se-Kab. Pidie Jaya dan Hadirin dan undangan lainnya.

Kegiatan acara dimulai dengan Pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan Shalawat Badar oleh ayat. Nazaruddin Rasyid, Menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin, Hurriah, kata Sambutan Ketua KIP Pidie Jaya, Musman, S.H, Peusijuk/Tepung Tawar Paslon Bupati-Wakil Bupati oleh Ust. H.M. Nur Hasballah, Pesan kampanye damai, anti isu SARA, anti Hoax, dan anti politik uang oleh KIP Pidie Jaya dalam hal ini disampaikan komisioner KIP Pidie Jaya, Firmansyah, S.Sos.

Dilanjutkan oleh pembacaan amanat Pilkada Damai oleh Kapolres Pidie AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar, SIK yang berisikan ;Hari ini dan ditempat ini kita melaksanakan kegiatan deklarasi damai para pasangan calon bupati dan wakil bupati pidie jaya 2018 , yang juga merupakan salah satu tahapan terjadwal dalam pelaksanaan proses pemilihan kepala daerah.

Pesta demokrasi pilkada serentak 2018 diselenggarakan untuk memilih kepala daerah , membutuhkan persiapan yang panjang , dengan biaya politik yang besar , sehingga diperlukan upaya yang nyata agar hasilnya benar – benar sebagai hasil yang representatif yang diinginkan rakyat.

Berkaca dari pengalaman – pengalaman yang sudah , proses pemilihan seringkali berjalan tidak maksimal karena diwarnai praktek kecurangan antara lain politik uang , politik transaksional , kampanye hitam dan berbagai jenis kecurangan lainnya.
Perlu kita pahami bahwa pemilihan serentak lahir karena beberapa hal yaitu :
1. Efisiensi anggaran.
2. Sinergitas pemerintah pusat dan daerah.
3. Partisipasi masyarakat semakin meningkat dan memiliki pilihan secara sadar dan mampu berpartisipasi secara aktif termasuk mengendalikan dan menentukan calon kepala daerah.
4. Masyarakat juga diharapkan memiliki kesadaran dan secara aktif melakukan kontrol berbagai bentuk kecurangan dalam proses tersebut.

Kepada instansi penyelenggara pilkada khususnya jajaran Polri , saya ingatkan kembali untuk memegang netralitas kita sebagaimana diatur dalam UU nomor 2 tahun 2002 tentang Polri dan TAP MPR nomor VII tahun 2000 tentang peran Polri dan TNI dalam pilkada dimana Polri bersikap netral dalam kehidupan politik. Hal yang sama juga kami ingatkan kepada penyelenggara pilkada lainnya mulai dari TPS sampai Kabupaten , mulai dari KPPS dan pengawas TPS , PPS dan PPL ditingkat desa , PPK dan panwascam di tingkat kecamatan sampai KIP dan panwaslih di tingkat Kabupaten.

Kepada para penyelenggara pengamanan Pilkada pada kesempatan ini juga saya ingatkan untuk betul – betul kita laksanakan pengamanan pendistribusian kotak dan surat suara nantinya mulai dari pencetakan , pelabelan boks , penghitungan jumlah lembar surat suara , penomoran boks , penyortiran di KIP , pemusnahan surat suara yang rusak dan melebihi jumlah kebutuhan sampai pendistribusian perlengkapan dari KIP ke PPK , PPS dan KPPS.

Kepada para pasangan calon dan tim sukses masing – masing saya mengingatkan bahwa dalam pelaksanaan pilkada kita semua terikat dalam aturan apabila melakukan pelanggaran maupun pidana dimana konsekwensi nya apabila melakukan baik pelanggaran maupun Kejahatan / pidana maka akan diproses melalui mekanisme pelanggaran kode etik , proses pemeriksaan pelanggaran administrasi , proses sengketa pemilihan , proses tindak pidana pemilihan , proses sengketa tata usaha negera , maupun perselisihan hasil pemilihan melalui mahkamah konstitusi.

Kita semua berharap agar apapun baik pelanggaran dan kejahatan / tindak pidana tidak terjadi dalam pilkada pidie jaya 2018. Kita sama – sama berikhtiar agar pelaksanaan pilkada pidie jaya 2018 kali ini berjalan tertib , aman, tenang dan damai.
Satu lagi penekanan dari kami saat kampanye , jangan sampai terjadi adanya penyampaian materi yang mempersoalkan ideologi dan dasar negara , menghina pribadi seseorang , agama , suku , ras dan golongan. Kemudian menghasut , memfitnah, mengadu domba, baik dilakukan perseorangan dan atau kelompok masyarakat. Jangan sampai dalam pelaksanaan kampanye melakukan penggunaan kekerasan , ancaman kekerasan atau menganjurkan penggunaan kekerasan . Mengganggu keamanan , ketentraman dan ketertiban umum. Merusak dan atau menghilangkan alat peraga kampanye termasuk melaksanakan kampanye diluar jadwal. Ini harus betul – betul dipahami dan dipatuhi baik oleh para pasangan calon , tim sukses masing – masing paslon maupun masyarakat pendukung masing -masing paslon, ujar andy.”

Saya sampaikan kepada seluruh masyarakat Pidie jaya , khususnya , yang sudah memenuhi syarat nantinya akan memberikan suaranya pada hari H pemungutan suara. Gunakan suara saudara – saudara dengan baik , jangan ada perasaan terintimidasi dari pihak manapun , gunakan suara hati saudara – saudara untuk memilih pemimpin terbaik di pidie jaya ini. Bila ada pihak – pihak yang mengintimidasi masyarakat dalam memberikan hak suara nya , segera sampaikan kepada kami penyelenggara Pilkada baik Polri / TNI / panwaslih , karena sudaj menjadi tugas kami untuk mengawal jalannya proses demokrasi Pilkada pidie jaya ini berjalan dengan aman dan damai.

Terakhir , marilah kita semangati dan jiwai pilkada pidie jaya yang kita laksanakan saat ini dengan semangat kekeluargaan dan persatuan serta kesatuan. Jangan dengan adanya Pilkada persatuan dan kekeluargaan sesama kita malah terganggu , jangan terpecah belah. Pilihan boleh berbeda tapi perbedaan itu tidak menjadikan kita terpecah belah. Tapi semangati perbedaan pilihan itu dengan semangat kekeluargaan dan saling menghargai, sebut Mantan Kabag Jarlat SPN Seulawah Polda Aceh tersebut.”

Kemudian Pesan kampanye damai, anti isu SARA, anti Hoax, dan anti politik uang oleh masing-masing Paslon Bupati-Wakil Bupati sesuai nomor urut, Pesan kampanye damai, anti isu SARA, anti Hoax, dan anti politik uang oleh Panwaslih Pidie Jaya dalam hal ini disampaikan oleh Ketua Panwaslih Pidie Jaya, M. Yusuf, S.Pdi, Penandatanganan deklarasi kampanye damai oleh para Paslon Bupati-Wakil Bupati disaksikan oleh seluruh komisioner KIP Pidie Jaya, anggota Panwaslih Pidie Jaya dan Muspida Pidie Jaya, Tausiyah kampanye damai oleh Ust. Hamdanuddin, Acara pelagelaran seni dan budaya dan Penutup/doa oleh Tgk. Muhammad.

Kegiatan dilanjutkan dengan konvoi para Paslon Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya tahun 2018 dengan route Start Lapangan sepak bola Kota Meureudu-Trienggadeng-Panteraja-Bandar Baru-Panteraja-Trienggadeng-Meureudu-Meurah Dua-Ulim-Bandar Dua-Jangka Buya-Ulim-Meurah Dua-Meureudu-Finish Kantor KIP Pidie Jaya.