Home » AGENDA KAPOLRES » Kapolres Pidie AKBP Muhajir, SIK, MH Menghadiri Acara Simposium Integrasi Kurikulum Dan Muatan Lokal di Kab. Pidie

Kapolres Pidie AKBP Muhajir, SIK, MH Menghadiri Acara Simposium Integrasi Kurikulum Dan Muatan Lokal di Kab. Pidie

Kapolres Pidie AKBP Muhajir, SIK, MH Menghadiri Acara Simposium Integrasi Kurikulum Dan Muatan Lokal di Kab, Pidie

Kapolres Pidie AKBP Muhajir, SIK, MH Menghadiri Acara Simposium Integrasi Kurikulum Dan Muatan Lokal di Kab, Pidie

Tribratanewspolrespidie.com, Aceh ; Kapolres Pidie AKBP Muhajir, SIK, MH menghadiri Acara Simposium Integrasi Kurikulum Muatan Lokal di Oproom Kantor Bupati Pidie.

Adapun peserta yang hadir dalam acara tersebut antara lain Pimpinan Dayah, Kepala Sekolah, Akademisi, Rektorat, dan Anggota Majelis Pendidikan Daerah. Pemateri yang diundang yaitu Dr Sukro Muham dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dr Sunardi (Yayasan Iqro Jakarta), dan Prof Warul Walidin (Ketua MPD Aceh).

Sukro antara lain menjelaskan, kabupaten/kota ikut bertanggung jawab menentukan kurikulum lokal. Dalam membentuk kepribadian anak yang islami, menurutnya, perlu diperhatikan beberapa hal. “Ajarkan aqidah, akhlak, Alquran. Tidak cukup tiga jam dalam seminggu pelajaran agama di sekolah umum,” ujarnya.

Lalu, berikan pengetahuan dan wawasan luas dan jangan tidak dieksplorasi. Ia juga mengusulkan bahasa Arab bahasa Alquran bisa diterapkan dalam pendidikan umum. “Kurikulum nasional harus sejalan dengan pendidikan agama,” terangnya.

Wakil Bupati Pidie, M Iriawan saat membuka simposium itu menyampaikan, ada tiga materi yang harus diperkuat pada tahun ajaran 2016. Ketiga hal itu adalah bahasa Inggris, life skill, dan pengetahuan agama. Sehingga, ke depan akan dapat dirancang pendidikan yang memadukan pengetahuan umum dan agama.

2