Home » BERITA » Izin Periksa OC Kaligis, Bareskrim Surati Pengadilan

Izin Periksa OC Kaligis, Bareskrim Surati Pengadilan

Kabareskrim Polri Komjen Budi Waseso saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR di Gedung Parlemen, Kamis (2/7/2015). Wahyu Wening/Tribratanews.com

Kabareskrim Polri Komjen Budi Waseso saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR di Gedung Parlemen, Kamis (2/7/2015).
Wahyu Wening/Tribratanews.com

Tribratanews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyarankan agar Badan Reserse dan Kriminal Kepolisian Republik Indonesia meminta izin pada pengadilan terkait pemeriksaan OC Kaligis. Sebab, kasus OC Kaligis kini telah dilimpahkan ke pengadilan. Tak menunggu waktu lama, saran dari KPK langsung ditindak lanjuti Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso.

Menurut jenderal polisi berbintang tiga ini pihaknya telah mengirimkan surat permintaan pemeriksaan ke pengadilan. “Sudah kami kirim, kan kami harus membuat surat lagi lantaran berkas perkara OC Kaligis sudah dilimpahkan ke pengadilan oleh KPK,” ujar Budi saat ditemui di Markas Besar Polri, Jumat (2015-08-21).

Dilimpahkannya berkas OC Kaligis ke pengadilan, secara otomatis kewenangan tidak lagi di tangan KPK, melainkan di pengadilan.

Karenanya, Bareskrim kembali membuat surat agar bisa memeriksa OC Kaligis. Terkait dengan pemeriksaan terhadap Kaligis, Budi mengungkapkan agar secepatnya bisa dilakukan.

Meski begitu, Budi menyerahkan keputusan seluruhnya kepada para penyidik yang menangani laporan tersebut. “Jika sudah dapat izin dari sana (pengadilan) ya kita laksanakan,” kata Budi.

Korps Bhayangkara saat ini tengah menyelidik dugaan kasus penyalahgunaan wewenang oleh KPK yang dilaporkan tim kuasa hukum Kaligis.

Sebelumnya, Kaligis menuding KPK telah menculik dirinya dan bertindak sewenang-wenang pada tanggal 14 Juli 2015 lalu. Penyidik komisi antirasuah juga diduga menyalahgunaan wewenangnya.[TBNews]

sumber : http://www.tribratanews.com