Home » BERITA » Ipda Hendra Saputra, SE Menjadi Nara Sumber Pada Acara Penyuluhan Kamtibmas di Sukon Grong – Grong

Ipda Hendra Saputra, SE Menjadi Nara Sumber Pada Acara Penyuluhan Kamtibmas di Sukon Grong – Grong

Kapolsek Grong – Grong Ipda Hendra Saputra, SE didampingi Danramil dan Sekcam Kecamatan Grong – Grong, Kab.Pidie melaksanakan penyuluhan Kamtibmas di Gampong Sukon Kecamatan Grong – Grong, Kab.Pidie, Kamis (11/10/2018) sekira pukul 09.30 Wib, pagi tadi.

Tribratanewspolrespidie ; Kepala Kepolisian Sektor ( Kapolsek ) Grong – Grong, Ipda Hendra Saputra, SE melaksanakan Penyuluhan Kamtibmas di Aula Serba Guna yang terletak di Gampong Sukon Kecamatan Grong – Grong, Kab.Pidie, Kamis (11/10/2018) sekira pukul 09.30 Wib, pagi tadi.

Pada acara tersebut Kapolsek Grong – Grong, Ipda Hendra Saputra, SE bertindak sebagai nara sumber sekaligus pemateri penyuluhan Kamtibmas di Gampong Sukon Kecamatan Grong – Grong, Kab.Pidie.

Kegiatan penyuluhan Kamtibmas dimulai dengan kata sambutan oleh Geuchik Sukon Muktar dengan ucapan selamat datang kepada unsur Muspika Kecamatan Grong – Grong, Kab.Pidie dalam rangka acara penyuluhan Kamtibmas dan diharapkan kepada masyarakat Gampong Sukon agar mendengar dengan tertib apa yang menjadi arahan dari muspika, mudah – mudahan dapat bermanfaat kepada masyarakat Gampong Sukon Khususnya.

Setelah kata sambutan oleh Geuchik Sukon, dilanjutkan dengan arahan dari Sekcam Grong – Grong Bapak M. Yusuf, S.Sos, MM yang diantaranya ;

1). Dalam pertemuan ini kami dari muspika menghimbau kepada pak keuchik agar menggunakan dana desa dengan transparan sesuai dengan aturan yang telah ditentukan.

2). Tuha Peut harus mengawasi setiap penggunaan dana desa sehingga tidak terjadi penyelewengan, dan apabila terjadi penyelewengan maka pak keuchik selaku pengguna anggaran akan berurusan dengan aparatur hukum.

3). Diharapkan kepada keuchik dan aparatur desa serta seluruh lapisan masyarakat untuk selalu menjaga kekompakan dan menjaga Keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

Kemudian dilanjutkan dengan arahan pemateri yang di sampaikan langsung oleh Kapolsek Grong – Grong, Ipda Hendra Saputra, SE yang diantaranya ;

1). Mengenai penggunaan dana desa, sekarang ini sudah ada MoU antara Mendagri, Mendes dan Kapolri, yang mana Polri ikut terlibat dalam pengawasan penggunaan dana desa, jadi kami menghimbau kepada pak keuchik selaku pengguna anggaran harus dipergunakan secara transparan sesuai dengan aturan.

2). Dalam pertemuan ini kami dari polsek Grong-grong memberikan penyuluhan dan sosialisasi tentang Kamtibmas dan Qanun 18 perkara yang dapat diselesaikan di tingkat gampong berdasarkan Qanun No. 9 tahun 2008 tentang peradilan adat gampong yang melibatkan perangkat gampong atau tuha peut. Apabila ada masyarakat yang melapor ke polsek Grong-grong tentang perkara yang masuk dalam 18 perkara tersebut, tetap kami terima namun akan dikembalikan kepada perangkat desa untuk diselesaikan secara kekeluargaan.

3). Meminta kepada masyarakat supaya bersama-sama dapat menjaga keamanan dan keteriban di desanya, supaya terwujudnya situasi Kamtibmas yg kondusif aman dan tentram.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Batuud Koramil 26 Grong – Grong Serka Rinaldi, Kasium Polsek Grong – Grong Aiptu Manfarawi, Kanit Intel Polsek Grong – Grong Aipda Nasruan, para Tomas, Toga dan Todat serta perangkat Gampong Sukon Kecamatan Grong – Grong, Kab.Pidie.