Home » BERITA » Hewan Ternak Lembu Mati Tak Wajar di Pidie

Hewan Ternak Lembu Mati Tak Wajar di Pidie

Hewan Ternak Lembu Mati Tak Wajar di Kandangnya

Hewan Ternak Lembu Mati Tak Wajar di Kandangnya

Sigli ; Seekor hewan ternak milik Salamuddin (22) di Labui, Kecamatan Pidie, Minggu (17/1), sekitar 07.00 WIB, mati tidak wajar. Sementara empat lain lain di kandang sama, masih hidup tapi dalam kondisi lemas. Dari mulut mengeluarkan busa. Salamuddin baru mengetahui sapinya mati di kandang sekira pukul 07.00 WIB, kemarin.

Saat itu, dia hendak memberikan pakan rumput. Salamuddin pun terkejut mendapati empat ekor sapi lainnya dalam kondisi lemas dengan mengeluarkan busa di mulut. “Kelima lembu peliharaan saya itu mengalami hal tidak wajar,” ujar Salamuddin kepada Kapolsek Pidie Iptu Chairul Ansar, S.Sos, Minggu (17/1). Kata dia, induk lembu mati dengan kondisi perut kembung serta mengeluarkan busa dari mulut. “Saya menduga sapi yang mati itu tidak wajar.

Begitu juga yang kini kondisinya masih lemas. Lembu-lembu saya itu diracun pencuri lembu yang kini kembali beraksi di Labui,” tukas Salamuddin. Dia pun telah melaporkan kasus tersebut kepada Kepolisian Sektor (Polsek) Pidie. Kemarin, sekira pukul 12.00 WIB, polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara di kandang sapi milik Salamuddin. “Saya juga telah melaporkan ke petugas Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Pidie,” katanya.

Kepala Distannak Pidie, Ainal Mardhiah, telah mengirimkan petugas ke lapangan untuk memeriksa lembu yang mati dan yang masih hidup. Petugas akan mengambil sampel berupa liur lembu untuk diuji di laboratorium. Hasil uji tersebut akan menentukan penyebab lembu tersebut mati.

“Untuk lembu yang masih hidup, petugas kami akan berupaya mengobati dengan memberi susu dan gula aren serta suntikan penawar racun,” pungkas Ainal.