Home » BERITA » Aksi Heroik Wanita Muda di Pidie, Kejar-kejaran Jatuh Berguling,Hingga Bekuk Penjambret

Aksi Heroik Wanita Muda di Pidie, Kejar-kejaran Jatuh Berguling,Hingga Bekuk Penjambret

Tribratanewspolrespidie.com |

Aksi heroik wanita muda di Pidie membekuk penjambret menjadi perbincangan warga. Video penjambret yang berhasil ditangkap warga pun viral di media sosial. Berikut kisahnya.

Wanita muda pemberani itu adalah Siti Rahmah (21) warga Gampong Dayah Menara, Kecamatan Titeu, Pidie. Awalnya, dia menjadi korban jambret di ruas jalan nasional, tepatnya di depan Gudang Pupuk Pusri, Gampong Dayah Teungeh, Kecamatan Pidie. Peristiwa itu terjadi pada Jumat (14/2/2020) sekira pukul 10.00 pagi.

Sementara penjambret yang belakangan diketahui berinisial MS (27) mengaku diri sebagai warga Gampong Pulo Blang, Kecamatan Simpang Tiga, Pidie. Ia telah ditahan di sel Mapolres Pidie.

Informasi yang didapatkan Humas Polre Pidie, aksi jambret terjadi saat Siti Rahmah seorang diri mengendarai sepeda motor Honda Scoopy warna hitam BL 3398 NW, di ruas jalan nasional dari arah Sigli menuju Beureunuen. Setiba di kawasan depan Gudang Pupuk Pusri, Gampong Dayah Teungeh, Kecamatan Pidie, Siti Rahmah dipepet oleh seorang pemuda mengendarai sepmor Jupiter MX merah maron BL 3976 QE.

Dengan gerak cepat, pemuda yang memakai kaos oblong hitam lengan panjang dan celana jeans, merampas tas warna dongker milik Siti Rahmah yang diletakkan di bagian depan sepmor. Pemuda itu langsung melarikan diri ke arah Bambi, Kecamatan Peukan Baro.

Aksi tak terduga itu tak membuat Siti Rahmah menyerah. Sembari berteriak meminta tolong, ia memacu kencang sepeda motornya, mengejar pemuda yang telah merampas tasnya.

Butuh waktu sekitar 15 menit bagi Siti Rahmah untuk bisa menyusul si penjambret. Hingga sesampai di Gampong Lueng Mesjid, Kecamatan Peukan Baro, Siti Rahmah sempat kehilangan jejak si penjambret. Siti Rahmah menyusuri beberapa lorong di gampong itu, hingga akhirnya bertemu lagi dengan penjambret yang sedang mencari-cari jalan melarikan diri.

Tanpa basa-basi, Siti Rahmah langsung menabrakkan motornya ke motor si pejambret. Keduanya terjatuh bergulingan ke jalan. Tanpa menghiraukan rasa sakit, Siti Rahmah bergegas bangkit. Ia tidak henti berteriak, memberitahukan warga bahwa pemuda yang ditabraknya adalah penjambret.

Warga pun serempak menyergap pelaku yang belakangan diketahui berinisial MS warga Kecamatan Simpang Tiga, Pidie. Ia nyaris menjadi sasaran amukan warga. Video penjambret yang berhasil ditangkap warga itu kemudian beredar viral di media sosial. Wajah penjambret terlihat ketakutan menghadapi warga yang mengelilinginya.

Kedua tangannya seperti terikat ke belakang. Seseorang memegang kuat bagian tengkuk, sehingga si pemuda itu tidak bisa leluasa bergerak. Seorang warga terdengar bertanya tentang asal pemuda itu. Tedengar juga suara perempuan yang bercerita singkat bagaimana dia berhasil mengejar pelaku, menabrak hingga tertangkap warga.

“Nyangkeuh bunoe dikeu long, pakon dibalek keudeh lom (itulah, tadi sempat lewat di depan saya, entah kenapa dia balik lagi),” terdengar suara pria setengah bertanya.

“Angkeuh ka habeh jalan mungken, hana dituho plueng le (Betul, mungkin lorongnya buntu),” jawab perempuan yang bercerita tentang kronologis dia mengejar pelaku yang telah merampas tasnya. Tak terlihat aksi main hakim sendiri dalam video itu. Terdengar kalimat-kalimat dari warga untuk menyerahkan pelaku kepada Polisi.

Kapolres Pidie, AKBP Andy NS Siregar SIK, melalui Kasat Reskrim, AKP Eko Rendi Oktama menjelaskan, pemuda MS warga Gampong Pulo Blang, Kecamatan Simpang Tiga yang terlibat jambret telah diamankan. “MS telah ditahan di sel Mapores Pidie,” jelasnya. (Humas Polres Pidie) IN