Home » BERITA » AKBP Zulhir Pimpin Apel Gelar Pasukan Peningkatan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan

AKBP Zulhir Pimpin Apel Gelar Pasukan Peningkatan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan

Tribratanewspolrespidie.com |

Kapolres Pidie AKBP Zulhir Destrian, S.I.K, M.H memimpin Apel Gelar Pasukan Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019, (Covid-19). Senin 24 Agutus 2020.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir serta, Bupati Pidie Roni Ahmad, S.E, serta seluruh Forkopimda  Kab. Pidie, Waka Polres Pidie KOMPOL Dedy Darwinsyah, S.E,M.M, Kabagops Polres Pidie AKP Iswahyudi, S.H, PJU Polres Pidie serta seluruh Personil Polres Pidie.

Kapolres Pidie membaca amanat Kapolda Aceh, puji syukur kita panjatkan kehadirat allah s.w.t., Tuhan Yang Maha Esa, dengan limpahan rahmat dan ridha-nya, pada pagi hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan sehingga dapat melaksanakan apel gelar pasukan peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam rangka pencegahan dan pengendalian corona virus disease 2019 (covid-19).

Shalawat beriring salam kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad S.A.W., beserta keluarga dan para sahabat beliau yang telah menuntun kita menuju jalan keselamatan di dunia dan akhirat.

Merebaknya Virus Corona yang mewabah di dunia maupun di indonesia, khususnya di Provinsi Aceh, menuntut kita untuk senantiasa waspada dan terus berupaya mencegah Penularan Virus tersebut. penyebaran Virus Corona yang sangat cepat, telah mengubah aktivitas kehidupan di masyarakat. perubahan tersebut memberikan dampak yang sangat besar bagi tatanan kehidupan di berbagai sektor.

Selama ini seluruh pihak telah bekerja keras dalam menangani permasalahan ini, namun dampak Pandemi Covid-19 masih tetap mempengaruhi sektor perekonomian, hingga membuat pemerintah melonggarkan kebijakan terkait aktivitas masyarakat dengan menerapkan adaptasi kebiasaan baru, diiringi dengan upaya pengendalian dan pencegahan  guna menekan penularan Covid-19.

Presiden Republik Indonesia telah menginstruksikan seluruh menteri Kabinet Indonesia maju, Polri, TNI dan jajaran pemerintah daerah untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas dan fungsinya dalam menjamin kepastian hukum. kemudian, memperkuat upaya dan meningkatkan efektivitas penanganan covid-19 di seluruh daerah.

Dalam rangka menjamin kepastian hukum dan memperkuat upaya serta meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian Covid-19 di seluruh Indonesia, Presiden Joko Widodo juga telah menandatangani instruksi Presiden nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (covid-19).

Berdasarkan intruksi Presiden nomor 6 tahun 2020, semua pihak diperintahkan untuk mengambil langkah yang diperlukan sesuai tugas fungsi dan kewenangan masing-masing dalam menjamin kepastian hukum, memperkuat upaya dan meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian Covid-19 di seluruh kewilayahan, setiap pihak diharapkan terlibat secara terpadu melakukan kegiatan pendisiplinan protokol kesehatan dan melakukan pembinaan terhadap masyarakat dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid19.

Peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang akan kita terapkan nanti, sebaiknya kita mulai dari diri kita sebagai teladan dalam penegakan disiplin, kemudian kita sampaikan kepada keluarga, teman, kerabat dan kepada seluruh masyarakat.

Penegakan pendisiplinan protokol kesehatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan dalam memutus rantai penularan Covid-19. kemudian hal tersebut juga merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat agar tetap sehat, karena masih banyak masyarakat yang belum paham dan masih tidak mengikuti protokol kesehatan.

Diharapkan kegiatan peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dapat berjalan dengan optimal, sehingga tercipta kesadaran dan kepatuhan masyarakat serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Aceh. Pada kesempatan yang baik ini, saya akan menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, yaitu

  1. TINGKATKAN KEIMANAN DAN KETAQWAAN SEBAGAI LANDASAN UTAMA DALAM MELAKSANAKAN SEGALA AKTIVITAS;
  2. JAGA KESELAMATAN ANDA DALAM BERTUGAS, SIAPKAN KONDISI FISIK DAN MENTAL UNTUK DAPAT MELAKSANAKAN KEGIATAN DENGAN SEBAIK-BAIKNYA;
  3. LAKSANAKAN TUGAS DENGAN SANTUN DAN HINDARI PERILAKU AROGAN KEPADA MASYARAKAT SAAT BERINTERAKSI;
  4. SENANTIASA MENJAGA KEKOMPAKAN DAN SELALU BERSINERGI DALAM PELAKSANAAN TUGAS.

Sebelum mengakhiri amanat ini, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur Forkopimda dan semua pihak yang telah berpartisipasi dalam Apel Gelar pasukan peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam rangka pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (covid-19). semoga pengabdian yang kita berikan, akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Allah S.W.T.

Demikian amanat saya, semoga Allah S.W.T. senantiasa memberikan petunjuk dan lindungan-nya kepada kita sekalian serta meridhoi setiap upaya yang kita laksanakan dalam melanjutkan pengabdian kepada masyarakat, Bangsa dan Negara. Demikian amanat yang dibacakan oelh Kapolres Pidie AKBP Zulhir Destrian, S.I.K, M.H.

 

Editor’ Indra BSK