Home » BERITA » Satgas Saber Pungli Kab.Pidie di Kukuhkan

Satgas Saber Pungli Kab.Pidie di Kukuhkan

saber-pungli

Perwakilan Kelompok Satgas Saber Pungli di Kabupaten Pidie telah di kukuhkan oleh Plt Bupati Pidie DR. Munawar A Jalil, M.A. di Aula Oproom Bupati Pidie, Rabu (04/01/2016) sekira pukul 10.30 Wib.

Tribratanewspolrespidie ; Sekitar 43 (empat puluh) Tiga Anggota Kelompok Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar ( Pungli) di Kabupaten Pidie di kukuhkan oleh Plt. Bupati Pidie Dr. Munawar A. Jalil, M.Si di Aula Oproom Kantor Bupati Pidie, Rabu (04/01/2016) sekira pukul 10.30 Wib.

Pengukuhan ke- 43 anggota Kelompok tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Pidie Nomor : 300 / 494 / KEP.34 / 2016 tanggal 07 Desember 2016 tentang Pembentukan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar di Kabupaten Pidie.

Dalam surat Keputusan tersebut Plt Bupati Pidie, Personil yang mengawaki Satgas Saber Pungli terdiri dari Bupati Pidie yang bertugas sebagai Pengendali / Penanggung Jawab, Waka Polres Pidie sebagai Ketua Pelaksana, Inspektur Kabupaten sebagai Wakil Ketua I, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Pidie sebagai Wakil Ketua II, Kabag Sumda Polres Pidie sebagai Sekretaris, Kasiwas Polres Pidie sebagai Bidang Operasional, Kasubbag Log Polres Pidie sebagai Bidang Logistik, Kasi Propam Polres Pidie sebagai Bidang Administrasi Umum, Sekretaris Inspektorat Kabupaten Pidie sebagai Bidang Keuangan dan Paur Subbag Humas Polres Pidie sebagai Bidang data Informasi  dan Kelompok yang berjumlah 5 (lima) Kelompok yakni 1. Kelompok Kerja Unit Intelijen,  yang terdiri dari Kasat Intelkam Polres Pidie sebagai Ketua, Kanit II Ekonomi Sat Intelkam sebagai Sekretaris, serta Kanit VI Inteltek Sat Intelkam, Kanit V Gaksus Sat Intelkam, Kanit III Sosbud Sat Intelkam, Taqdirullah / Jaksa Fungsional, dan Inspektur Pembantu Wilayah III Inspektorat Kab.Pidie sebagai anggota ; 2Kelompok Unit Pencegahan,  yang terdiri dari Inspektur Pembantu Wilayah II Inspektorat Kab.Pidie sebagai Ketua, Kasubbag Peraturan Perundang – Undangan / Bagian Hukum sebagai Sekretaris, Kasi Pemeriksa Kejaksaan Negeri Pidie, Kanit Binpolmas Sat Binmas Polres Pidie, Ba Siwas Polres Pidie Brigadir T. Rahmadsyah, Inspektorat Aisyah, SH dan Inspektorat Rahmad Zaini, A.Md sebagai anggota; 3. Kelompok Kerja Unit Penindakan, yang terdiri dari Kasat Reskrim Polres Pidie sebagai Ketua, KBO Reskrim Polres Pidie sebagai Sekretaris, Kanit Pidum Sat Reskrim Polres Pidie, Kanit Tipikor Sat Reskrim Polres Pidie, Ba Sie Propam Polres Pidie Bripka Taswin, Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Pidie, Inspektur Pembantu Wilayah I Inspektorat Kab.Pidie, Ba Subden Pom Serma Marzuki, Kasi Penyidik Sat Pol PP / WH dan Inspektorat Aulia Buana, ST; 4. Kelompol Kerja Unit Yustisi,  yang terdiri dari Kabag Hukum sebagai Ketua, Kasubbag Bantuan Hukum / bagian Hukum sebagai Sekretaris, Jaksa Fungsional Muhammad Abduh, Inspektur Pembantu Wilayah IV Inspektorat Kab.Pidie serta Ba Subden Pom Serda Verli sebagai Anggota dan 5. Kelompok Ahli yang terdiri dari Umar Mahdi, SH, M. Hum dan Ketua MPU Kab.Pidie.

Untuk Unit Satgas yang tersebut dalam surat keputusan Bupati Pidie mempunya tugas untuk segera merencanakan pemetaan kawasan rawan Pungli dalam pengawasan secara berkesinambungan untuk mencegah dan menghapus pungutan liar pada bidang ;

a. Perizinan , yang terdiri dari ;

  1. Perizinan Penerbitan Izin mendirikan Bangunan;
  2. Penertiban Izin Gangguan;
  3. Penertiban Izin Trayek;
  4. Penertiban Izin Pertambangan;
  5. Penertiban Izin Perhubungan Darat, Perhubungan Laut dan Perhubungan Udara;
  6. Rekomendasi Tidak Sengket Tanah;
  7. Penertiban Izin Ulang dan dan lain sebagainya.

b. Hibah dan Bantuan Sosial, yang terdiri dari ;

  1. Pencairan Dana Hibah dan Bantuan Sosial;
  2. Pemotongan Dana Bantuan Sosial.

c. Kepegawaian, yang terdiri dari ;

  1. Mutasi Pegawai;
  2. Kenaikan Pangkat;
  3. Promosi Jabatan;
  4. Pemotongan Gaji Guru, Tenaga Kesehatan dan Pegawai Tidak tetap dan seterusnya.

d. Pendidikan, yang terdiri dari ;

  1. Pencairan Bantuan Operasional Sekolah (BOS);
  2. Pemotongan Uang Makan Guru dan seterusnya.

e. Dana Desa, yang terdiri dari ;

  1. Pemotongan Dana Desa;
  2. Pengambilan Bunga Bank pada Penempatan dana Desa dan seterusnya.

f. Pelayanan Publik, yang terdiri dari ;

  1. Penyaluran Beras Miskin;
  2. Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil;
  3. Pelayanan di Bidang Kesehatan dan Pendidikan;
  4. dan Pelayanan pada Satuan Administrasi Manunggal Sat Atap (SAMSAT)

g. Pengandaan Barang dan Jasa, yang terdiri dari ;

  1. Perencanaan Pengadaan;
  2. Penentuan Pemenang

h. Kegiatan lainnya yang mempunyai resiko penyimpangan.

Dalam surat Keputusan Plt Bupati Pidie tersebut juga menyebutkan akan memberikan sanksi terhadap Aparatur Negara pada Instansi / lembag masing – masing yang terbukti melakukan Pungli sesuai dengan Ketentuan Peraturan Perundang – Undangan.

Pada Acara pengukuhan tersebut turut dihadiri oleh Plt. Bupati Pidie DR. Munawar A Djalil, MA, Sekda Pidie H. Amiruddin, SE, M.Si, Kapolres Pidie AKBP M. Ali Kadhafi, SIK, Wakil Ketua DPRK Pidie, Ketua Pengadilan Pidie yang diwakili, Kajari Sigli Effendi, SH, MH, Waka Polres Pidie Kompol Tirta Nur Alam, SE, para Asisten Pemda Pidie, Staf Ahli Bupati, para SKPK, para Kabag, Kasat Fungsi, Kasi dan Kasubbag Jajaran Polres Pidie.

Pada Kesempatan tersebut Plt Bupati Pidie juga memberikan arahan dan kata – kata sambutan yang diantaranya ;

  1. Semoga saudara – saudara dapat menjadi mitra yang sangat strategis bagi pemerintah Kab.Pidie dalam rangka mewujudkan pemerintah yang bersih demi terwujudnya masyarakat Pidie yang sehat, cerdas, dan Islami dan menjadi bermartabat.
  2. Pembentukan Unit satuan Saber Pungli di Kabupaten pidie adalah tindak lanjut dari peraturan Presiden RI nomor 87 tahun 2016 dan Instruksi dari Menteri Dalam Negeri Nomor 700 / 4277 , tanggal 11 November 2016.
  3. Sapu Bersih Pungli Hakikatnya mempunyai tugas yang sangat Mulia untuk memastikan bahwa Proses yang berdampak langsung terhadap kepentingan masyarakat dapat berjalan dengan baik yang disebabkan selama ini terjadi pungutan – pungutan yang tidak sesuai dengan ketentuan.
  4. Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, saber pungli jangan hanya yang dikejar yang diluar saja, tetapi juga harus lebih terfokus kepada lembaga – lembaga kita masing – masing.
  5. Kiat harus memulai dari diri kita sendiri
  6. Agar selalu Transparansi bagi tim pada saat bekerja di lapangan
  7. Ada Dukungan yang sangat luar biasa di luar sana yang mendukung kinerja kita semua dalam menegakkan pungutan liar yang ada di Kab.Pidie.
  8. Unit Satgas Saber Pungli ini saya berharap dapat bekerja dengan maksimal.

Setelah Plt Bupati Pidie memberikan kata – kata sambutannya , Acara pun diakhiri dengan pembacaan do’a oleh Tgk Rasyidin Ahmad, SE dan pemberian ucapan selamat oleh Plt Bupati Pidie beserta Unsur Fokorpimda Kab.Pidie lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*