Home » BERITA » Kapal Motor Pengangkut Bawang Merah Illegal Diringkus Polisi

Kapal Motor Pengangkut Bawang Merah Illegal Diringkus Polisi

20 Ton Bawang Illegal yang diangkut Kapal Motor KM.Cahaya diamankan Sat Pol Air Polres Pidie

12,5 Ton Bawang Illegal yang diangkut Kapal Motor KM.Cahaya diamankan Sat Pol Air Polres Pidie

IMG_20160310_065950

Tribratanewspolrespidie.com ;  Satuan Polisi Pengairan Polres Pidie yang di Pimpin langsung oleh Kasat Pol Air Polres Pidie Iptu Jamiat Sabdar, Rabu (09/ 03) sekira pukul 15.00 wib diperairan Sigli Kab. Pidie oleh Sat Polair Polres Pidie mengamankan Kapal Motor KM Cahaya dengan kekuatan mesin 40 GT yang membawa muatan barang berupa bawang sebanyak 1263 Karung dengan berat 12,5 Ton tanpa dilengkapi Dokumen yang sah.

Disamping itu juga polisi mengamankan 4 ABK diantaranya ; HRY, 34 th, Nelayan, Gp. Kuala Langsa Kec. Langsa Barat Kab. Langsa; SA, 52 th. Nelayan, Gp. Kuala Langsa Kec. Langsa Barat Kab.Langsa.; H. RU, 55 th, Nelayan, Gp. Sungai Paoh Kec. Langsa Barat Kab.Langsa;dan SD, 52 th, Nelayan, Gp. Tanjong Kapai Kec. Idi Rayeuk Kab. Aceh Timur

Sementara 2 orang ABK an.  MH, 46 thn, Pawang, Kab.Pidie; dan IB, 42 th, Masenis, Kab.Pidie sudah turun di Daerah Perairan Lampanah Aceh Besar dengan tujuan mencari bahan bakar yang telah habis.

Penangkapan tersebut dilakukan  oleh Sat Polair Polres Pidie setelah menerima informasi dari Nelayan setempat tentang adanya 1 (satu) unit kapal motor yang sedang berada di Laut perairan Sigli, menindak lanjuti informasi tersebut Kasat Polair beserta anggota melakukan pengecekan ke Kapal Motor KM Cahaya dan pada saat dilakukan pemeriksaan ditemukan barang muatan berupa Bawang Merah India  dalam karung dengan berat perkarung 9.5 kg dengan jumlah 1263 Karung dengan berat 12,5 Ton yang tanpa dilengkapi dengan Dokumen yang sah.

Berdasarkan keterangan dari salah seorang an. HR, ABK Kapal Motor Km Cahaya berangkat Pada hari Kamis tanggal 25 Februari 2016 sekira pukul 23.00 wib dari Pelabuhan Lampulo Banda Aceh dengan tujuan untuk mengambil bawang india di Kuala Penang Malaysia dan  tiba di Kuala Penang Malaysia pada hari Minggu tanggal 28 Februari 2016 sekira pukul 14.00 wib.

Selanjutnya Pada hari Jumat tanggal 04 Maret 2016 sekira pukul 19.30 wib,  setelah memuat bawang merah ke kapal motor tersebut kemudian kapal motor berangkat dari pelabuhan seberang peray Kuala Penang Malaysia dengan tujuan Kab. Pidie.

Sebelum tiba di Kabupaten Pidie, Kapal Motor KM Cahaya berlabuh di Wilayah Perairan Aceh Besar tepatnya pada hari Selasa tanggal 08 Maret 2016 sekira pukul 01.00 wib dan langsung membongkar lebih kurang 10 ton bawang ilegal tersebut dikuala Lampanah Kab. Aceh Besar.

Pada hari Rabu tanggal 09 Maret 2016 sekira pukul 05.00 wib Kapten  Kapal motor tersebut yang sudah turun di Kuala Lampanah an. MHD menghubungi  salah satu ABK Kapal an. sdr. SD , untuk menyuruh kapal motor tersebut merapat ke Kuala Pasi Rawa Kota Sigli Kab. Pidie dan sekira pkl 15. 00 Wib kapal tersebut di tangkap oleh Sat Polair Polres Pidie

Kapolres Pidie AKBP Muhajir, SIK, MH mengatakan menurut keterangan para ABK bahwa bawang tersebut milik sdra. MKT, 30 thn, Gp. Kuala Idi Kec. Idi Rayek Kab. Aceh Timur dan para ABK diberi upah sebanyak  Rp.  2.000.000,- (dua juta rupiah). Untuk Saat ini Km Cahaya dan Barang bukti berupa Bawang Merah India serta 4 orang ABK telah diamankan di Pos Sat Polair Polres Pidie guna dilakukan proses penyidikan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.