Home » BERITA » Dialog Lintas Agama Tingkat Kecamatan Berlangsung di Grand Blang Asan Hotel

Dialog Lintas Agama Tingkat Kecamatan Berlangsung di Grand Blang Asan Hotel

Kapolsek Pidie Ipda Junaidi, S.HI menghadiri Acara Dialog Agama Tingkat Kecamatan di Hotel Grand Blang Asan, Kecamatan Kota Sigli, Kab.Pidie, Kamis (09/08/2018) sekira pukul 10.00 Wib, pagi tadi.

Tribratanewspolrespidie ; Dialog Agama Tingkat Kecamatan Pidie dengan Tema “Tebarkan Kedamaian Dalam Memelihara Merawat Kerukunan Beragama”. yang diselenggarakan oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh Tahun 2018, Kab.Pidie berlangsung di Hotel Grand Blang Asan Kecamatan Kota Sigli, Kab.Pidie, Kamis (09/08/2018) sekira pukul 10.00 Wib.

Acara tersebut di Pimpin oleh Kanwil Aceh diwakili Kasub Hukum dan KUB Aceh, an. Rahmat Mulyana, SAg, MSi dan di hadiri oleh Ka Kamneg Pidie, an. Fadli. S. Sos, Camat Pidie, an. Miswar. S. Sos, Kapolsek Pidie, an. Iptu Junaidi Sulaiman, S.Hi, Ketua Forom Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Pidie, an. Azhari, S.Ag, Para Tokoh Ulama dan Tokoh Masyarakat dalam Kec. Pidie.

Adapun arahan-arahan yang disampaikan antara lain :*
1. Arahan dari Kanwil Kemenag Aceh, Rahmat Mulyana, S.Ag, M.Si sbb :
a. Trimaksih kepada Tokoh Masyarakat yang telah hadir pada pagi ini melaksanakan kegiatan yangg skalanya memang tingkat kecamatan, ada beberapa titik kecamatan di Kabupaten yang dialokasikan oleh pemerintah Aceh salah satunya Kec. Pidie Kab. Pidie.
b. Tujuannya untuk menjalin Ukhuwah antar Masyarakat dan mendeteksi dini terkait kerukunan antar umat beragama secara khusus Kec. Pidie secara umun di Kab. Pidie.
c.  Perlu juga Kita ketahui bersama bahwa pada menjelang tahun 2019 adalah tahun politik sehingga bagaimana kita menyikapi dan menguatkan kerukunan umat serta mewujudkan sisi kerukunan beragama dan kerukunan nasional.
d. Jadikan perbedaan sebagai keragaman hal ini tertera dalam Bhineka Tunggal Ika yang artinya Walaupun kita berbeda-beda tetapi tetap satu jua, jangan jadikan perbedaan sebagai sumber terjadinya konflik di Kalagan masyarakat khususnya masyarkat Kec. Pidie.

2. Arahan Camat Pidie an. Miswar. S.Sos sbb :
a. Kami dari pihak Kecamatan Pidie selalu memberi pengarahan bagaimana kerukunan umat beragama dan rencananya kami juga akan melakukan dialog terhadap perkumpulan umat beragama yang ada di Kec. Pidie untuk saling menjaga kerukunan beragama yang selama ini sudah terjalin dengan baik.
b. Perlu kita ketahui bersama bahwa saat sekarang ini kemajuan teknologi yang berkembang saat ini kalau tidak dimanfaatkan dengan baik maka akan bisa menjadi alat pemecah belah umat bergama karena banyaknya berita-berita Hoak yang dibaca oleh para generasi muda yang belum mengerti.
c. Sekarang ini banyak ulama-ulama yang dapat memperkeruh dan memecah belah umat beragama seperti salah satu contoh ISLAM NUSANTARA yaitu sholat dengan menggunakan bahasa indonesia sehingga disini perlu membuka dialog demi terciptanya di wilayah Kab. Pidie yang damai jangan sampai hal tersebut terjadi di Kec. Pidie khususnya di wilayah Kab. Pidie.

3. Arahan Kapolsek Pidie an. Iptu Junaidi Sulaiman, S.Hi sbb :
a. Kami dari pihak keamanan siap memberikan pelayanan prima bagi setiap umat beragama tanpa pandang agama lain.
b. Kami dari pihak kemanan juga sangat mengharapkan apabila ada terjadi perselisihan di Gampong – Gampong dan kesalah pahaman jangan sampai main hakim sendiri dan juga jangan mudah terprovikasi dengan isu – isu Hoak tanpa ada kejelasan yang jelas.
c. Berhubung kita Sebentar lagi akan diselenggarakan pemilu tahun 2019 maka dari itu kita juga perlu waspadai isu – isu agama yang akan dijadikan alat untuk mencapai tujuan.
d. Dialog lintas agama ini sangat kita nantikan karena dengan diadakan acara seperti ini tidak terjadi perpecahbelah antar umat beragama.
e. Terkait dengan terorisme bahwa banyak pelaku teroris yang melakukan aksinya dengan belajar melalui video karena ajarannya dianggap lebih mudah untuk dimengerti bagi kaum yang awam.
d. Kami dari pihak keamanan juga sagat berharap kepada umat beragama yang ada di Kab. Pidie tidak terprovokasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang bertujuan untuk memecah belah umat beragama.
f. Kami harapkan kepada Tokoh masyarakat yang telah hadir di acara ini memberikan himbauan kepada masyarakat gampongnya masing – masing setiap ada permasalahan segera lakukan dialong dan mufakat untuk menyelesaikan masalah sehingga tidak menimbulkan konflik yang dapat membuat perpecah belah.

4. Arahan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Pidie, Azhari S.Ag sbb :
a. Kami dari pihak FKUB mengharapkan di tiap sektor lembaga pendidikan perlu ditanamkan nilai-nilai kebangsaan karena saat ini teknologi semakin maju sehingga sangat mudah masuk propaganda yang ingin memecah belah bangsa sehingga hal tersebut perlu mendapat perhatian bersama.
b. Maka dari itu juga mari sama – sama kita saling menjaga kehidupan kerukunan hudip beragama agar kehidupan masyarakat bisa damai dan tidak terjadi perpecah belah dalam kalangan masyarakat Kec. Pidie khususnya Kab. Pidie.
c.Kami sudah melakukan beberapa kegiatan sesuai dengan peraturan bersama Menteri Dalam Negeri telah melakukan sosialisasi yang menyangkut dengan keagamaan dan mengeluarkan rekomendasi pendirian rumah ibadah.
b. Wilayah kita ini rata – rata umumnya Pemeluk agama islam bisa dibilang 100% adalah muslim.

5. Arahan Kepala Kemenag Pidie, an. Fadli. S.Sos :
a. Untuk wilayah kita ini Kabupaten Pidie Sampai saat sekarang ini masalah kerukunan umat beragama masih dalam keadaan damai, aman dan tenang tidak terpengaruh dengan situasi yang berkembang diluar, walaupun ada sesikit kecil yang muncul tetapi dapat diselesaikan bersama dengan cara koorsinasi dengan Pihak Muspika.
b. Kami Himbau kepada masyarakat Kec. Pidie agar dapat memilih ulama yang dapat menjadi panutan bukan ulama yang dapat membuat potensi konflik dimasyarakat.
c. Jika ada seseorang menyampaikan/ penyiaran dakwah kalau yang bersifat negatif yang dapat memperkeruh suasana dalam masyarakat itu tidak diperbolehkan dan harus dapat surat rekomendisi dari Kemenag setempat.
d. Mari sama-sama kita turun kelapangan untuk memberikan pengertian kepada anak-anak remaja terutama anak-anak sekolah agar tidak terlibat perbuatan yang melanggar hukum terutama masalah narkoba.
e. Mari ciptakan dan tetap jaga suasana wilayah Kec. Pidie umumnya Kab. Pidie yang damai ini dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti daerah lain, jangan untuk mencari jabatan kita halalkan segala cara dan marilah kita ciptakan keamanan serta kenyamana dalam umat beragama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.